alexametrics

PMI Berikan Bingkisan Spesial untuk Pendonor Selama Ramadan

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang tetap menerima pendonor darah pada bulan puasa. Kemarin Rabu (14/4/2021) beberapa pendonor yang menjalankan ibadah puasa tetap bugar setelah mendonorkan darah.

Bahkan selama Ramadan PMI memberikan bingkisan spesial dengan menambah beras dan sembako sebanyak 2,5kg untuk tiap pendonor.

Dwi Ariyanto, seorang driver ojek online rutin mendonorkan darah setiap dua bulan sekali. Kemarin bukan pertama kalinya Ari melakukan donor darah saat puasa, tahun lalu merupakan pengalaman pertamanya.

“Saya rasa nggak ada masalah, saya juga tetap merasa fit meski puasa,” tuturnya sembari berbaring di ruang pengambilan darah kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kepala UDD PMI Kota Semarang dr Anna Kartika menyampaikan saat menjalankan puasa diperbolehkan donor darah. Hal itu tidak membatalkan ibadah selama fisik sehat dan kuat.“Tidak mengganggu kesehatan pendonor juga kok, kan sudah melalui screening,” ujarnya.

Sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan darah, pihaknya berencana membuka donor keliling di gereja dan wihara pada akhir pekan. Selain itu juga menggunakan dua unit bus dan mobil untuk tarawih keliling di berbagai masjid di Kota Semarang. Dengan begitu para jamaah dapat mendonorkan darah seusai solat tarawih berjamaah.

Jam operasional di kantor UDD PMI untuk donor darah pun dibuka selama 24 jam pada bulan Ramadan. Hal ini turut menunjukan keseriusan PMI memenuhi kebutuhan darah pasien rumah sakit, khususnya warga Kota Semarang. (cr1/bas)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer