alexametrics

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, SemarangTaman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan teknologi, taman ini juga tidak menggunakan kabel udara.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, taman tersebut dibangun di atas lahan hibah dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dengan luas 727 meter persegi. “Awalnya lahan ini tidak terawat, kemudian dihibahkan ke Pemkot Semarang,” katanya usai meresmikan Taman Pierre Tendean Sabtu (10/4/2021) malam.

Sesuai namanya, taman ini terletak di persimpangan Jalan Piere Tendean dan Jalan Pemuda. Dari sisi historis, kata dia, selain pahlawan nasional, Pierre Tandean memiliki sejarah di Kota Semarang. Ia sempat bersekolah jenjang SMP dan SMA di ibu Kota Jateng ini. Rumahnya berada di Jalan Imam Bonjol tak jauh dari lokasi taman. “Sejarahnya ada, dulu beliau pernah sekolah di SMA N 1 Semarang,” tuturnya.

Hendi menjelaskan, taman ini menerapkan konsep smart park dengan berbagai fasilitas pendukung modern. Antara lain bebas akses wifi, toilet bagi disabilitas, penyiraman tanaman secara otomatis yang bisa dikendalikan dari jarak jauh, tempat isi baterai handphone (charging station), dan nozzle. “Ada nozzle yang mengeluarkan embun secara berkala, membuat situasi lebih sejuk,” imbuh Hendi.

Peresmian dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Dedi Syarif Usman, Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Mahmudsyah, Ketua DPRD Kota Semarang Kadar Lusman, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G Rajayu serta jajaran organisasi pemerintah daerah (OPD) Kota Semarang.

Sementara itu, Dedi Syarif Usman mengapresiasi Pemerintah Kota Semarang yang telah menyulap lahan yang sebelumnya tidak dimanfaatkan. Dia berharap, taman ini bisa memberi manfaat sosial bagi masyarakat. “Kami bahagia dan bangga. Ini boleh dibilang dulu nganggur, sekarang jadi taman yang ikonik. Mudah-mudahan jadi kebanggaan Semarang,”katanya. (den/ton)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer