Interaksi dan Pertunjukan Satwa Jadi Ciri Khas

191
Khoirul Awaludin

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Perusahaan Daerah (Perusda) Semarang Zoo memiliki nahkoda baru. Yakni Khoirul Awaludin. Pekerjaan Rumah (PR) pertama adalah menguatkan ciri khas agar menjadi magnet pelancong.

“Tentu menjadi tugas berat, selama ini masyarakat hanya menonton fauna yang ada. Harus ada inovasi agar Semarang Zoo menjadi destinasi wisata andalan,” kata mantan ketua KNPI Kota Semarang itu.

Awaludin akan mengusung konsep yang menarik, edukatif, dan memiliki kreativitas. Paling penting memunculkan ciri khas dari Semarang Zoo. “Salah satunya dengan menonjolkan keberadaan satwa yang ada di sana,” ujarnya.

Konsep pembangunan dan pengembangan Semarang Zoo, lanjut dia, tidak akan meniru Bali Zoo ataupun Jatim Park. Namun standar kualitas diusahakan sama dengan kedua objek wisata ini.

“Akan ditampilkan atraksi satwa yang bisa menjadi daya tarik luar biasa bagi wisatawan. Selain itu, akan menonjolkan interaksi antara satwa dengan pengunjung. Ini yang akan menjadi ciri khas tersendiri,” terangnya.

Salain itu, ia juga akan mengembangkan konsep Semarang Zoo, baik dari sisi fasilitas maupun ketersediaan keberagaman faunanya dengan menambah aneka satwa.”Termasuk dalam pembangunan atau perbaikan kandang, serta dari sisi instruktur, serta sarana prasarana,” bebernya. (den/zal/bas)