Hendi-Ita Tunggu Rekom Empat Partai

362
Grafis: Ibnu/Jawa Pos Radar Semarang

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Peta politik dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Semarang 2020 semakin jelas. Pasangan calon (paslon) petahana Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu dipastikan bakal maju sebagai calon tunggal. Hendrar Prihadi atau akrab disapa Hendi saat ini mengaku terus melakukan komunikasi dan lobi politik terhadap empat parpol lain yang memiliki kursi di DPRD Kota Semarang untuk mendukungnya.

“Kita terus melakukan komunikasi dan dialog dengan beberapa partai politik,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.

Ia mengaku, hingga kini telah mengantongi lima rekomendasi tertulis dari lima partai, termasuk PDI-Perjuangan. Terbaru, Partai Nasdem resmi memberikan rekomendasi kepada paslon Hendi -Ita, Rabu (29/7/2020) lalu di Jakarta. Sebelumnya, PDIP, Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PSI  telah lebih dulu memberikan tiket kepada pasangan ini untuk maju dalam Pilwalkot Desember 2020 mendatang.

Meski telah memiliki banyak dukungan partai politik, Hendi tetap menunggu komitmen dari partai lain untuk mendukungnya dan Pilwalkot mendatang. “Kita masih menunggu partai lainnya yang merapat, dan memberikan rekomendasi,” jelasnya.

Menurut informasi yang dihimpun, Gerindra pun menyatakan dukungan ke Hendi. Demikian pula PKB, PAN dan PKS telah menyatakan dukungan untuk mendukung calon petahana.

“Empat partai ini kita sudah ketemu, dialog secara lisan. Tapi hitam di atas putihnya belum kita terima. Terakhir, PKS yang menjalin komunikasi, karena hitam di atas putihnya belum ya bisa dibilang belum lah. Kita yang pasti-pasti saja,” katanya.

Ketika koran ini mencoba menghubungi Ketua DPD PKS Kota Semarang Suharsono terkait langkah politik yang dilakukan, hingga sekitar pukul 19.00 tadi malam belum ada jawaban.

Partai lain yang memiliki sikap mendukung petahana, yakni PAN, juga masih menunggu surat rekomendasi tertulis dari pimpinan pusat. “Kita mendukung calon petahana dan telah mengajukan ke DPW PAN Jateng untuk menindaklanjuti usulan yang kemudian dikirim ke DPP, baru rekomendasi turun,”kata Ketua DPD PAN Kota Semarang Wachid Nurmiyanto. (den/aro/bas)