Insentif Tenaga Kesehatan di Dua RS Cair

M Abdul Hakam (Norma Sari Yulianingrum/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Setelah melalui proses pengajuan, insentif tenaga kesehatan (nakes) di dua rumah sakit di Kota Semarang akhirnya cair. Dua rumah sakit tersebut yakni RS Columbia Asia dan RS Telogorejo.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang,M Abdul Hakam menjelaskan, total insentif yang diterima nakes di RS Telogorejo lebih dari Rp 2 miliar. Sementara rekan mereka di RS Columbia Asia menerima total kurang dari Rp 1 miliar karena jumlahnya memang lebih sedikit.“Untuk rumah sakit lain nantinya akan mendapat rata-rata Rp 2 miliar,” jelasnya.

Adapun untuk rinciannya, dokter spesialis mendapatkan 15 juta, dokter umum 10 juta, sementara tenaga kesehatan  lain mendapat sekitar 7,5 juta.

Hakam juga mengatakan, sebenarnya APBD Kota Semarang telah dipersiapkan untuk insentif tenaga kesehatan. “Namun kemudian muncul surat edaran dari Kementerian Kesehatan RI bahwa insentif lini 1, lini 2, serta lini 3 seluruhnya ditanggung oleh APBN,” terangnya.

Hakam juga menambahkan, selama masa pandemi Covid-19 ini, APBD Kota Semarang yang sudah diserap yakni di atas 50 miliar. “Itu termasuk untuk rapid dan swab,” jelasnya.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah memastikan pemberian insentif untuk nakes yang menangani Covid-19 akan diberikan secara adil. Ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah atas pengabdian mereka. “Kita menyadari bahwa secara administrasi memang rigid, bahkan saat ini telah ada perubahan peraturan itu di Kementerian Kesehatan dengan harapan pemberian insentif ke tenaga kesehatan bisa lebih cepat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo.

Yulianto menyebutkan selama ini pencairan klaim langsung dari anggaran Kementerian Kesehatan sehingga Dinas Kesehatan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sifatnya mengantar surat klaim dari rumah sakit atau faskes, serta memverifikasinya. “Bila sudah oke, surat klaim langsung diteruskan ke pemerintah pusat karena pencairannya dari pusat langsung ke rekening pribadi nakes,” katanya. (nor/ton/bas)





Tinggalkan Balasan