Tanaman Mengering, Taman Kota Gersang

324
Kondisi taman vertikal kota di Jalan Imam Bonjol yang banyak tumbuhan mongering karena minimnya perhatian. Terlihat seorang warga tengah melintas di sebelahnya (2/6/2020). (Eko Wahyu Budiyanto/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kondisi beberapa taman kota di sejumlah titik di Kota Semarang kini butuh perhatian. Pasalnya, banyak tanaman di taman vertikal kota yang kini mengering dan tidak terawat.

Salahsatunya yaitu di taman vertikal sepanjang Jalan Imam Bonjol. Ada lebih dari tujuh titik taman vertikal berjajar di sebelah kiri jalan. Tepatnya di atas pedestrian. Masing-masing titik taman vertikal tersebut berisi ratusan bunga.

Sekarang jika dilihat hanya tidak lebih dari tiga titik taman vertikal yang tanamannya masih hidup. Sisanya banyak yang mati kering. Kepala DPU Kota Semarang, Sih Rianung menuturkan jika taman kota tersebut sebelumnya dibangun untuk memperindah estetika tengah Kota Semarang.“Untuk estetika itu mulanya dikasih taman vertikal tersebut,” tutur Anung – sapaan akrabnya, Selasa (2/6/2020).

Ia juga mengiyakan jika taman vertikal tersebut beberapa waktu lalu sengaja tidak disiram lantaran intensitas hujan yang sudah sering.“Karena kemarin sering hujan ya tidak kami siram, biasanya kami siram,” katanya.

Namun dalam perjalanannya, karena intensitas hujan yang semakin jarang maka banyak tanaman yang mengering. “Sebenarnya itu sering kita kontrol,” katanya.

Dikatakan Anung, sebenarnya tidak hanya disepanjang Jalan Imam Bonjol. Namun taman kota seperti di jalan tersebut juga ada di terowongan anderpass Jatingaleh. Pantauan dilapangan, di terowongan tersebut juga banyak yang mengering dan tidak terawat.

Biasanya, setiap hari ada truk yang berkeliling Kota Semarang menyiram tanaman khusus di taman kota tersebut. Namun sudah beberapa minggu ini tidak ada lagi truk khusus penyiram tanaman kota milik Pemkot Semarang beroperasi. “Kalau taman-taman kota iya itu ada wewenang di kita,” ujar Anung.

Terkait dengan perawatan tanaman di taman kota tersebut pihaknya sudah menganggakan. Bahkan kemarin beberapa petugas dari DPU Kota Semarang juga sudah terjun ke titik taman kota untuk memilah tanaman mana yang akan diganti.“Itu akan kita ganti, sudah masuk di agenda kita,” ujarnya.

Ia juga berterimakasih kepada masyarakat yang mengingatkan pihaknya terkait dengan kondisi taman-taman kota tersebut. Menurutnya, keberadaan taman kota tersebut semakin memperindah estetika. “Ya, sehingga Kota Semarang menjadi lebih cantik lagi,” ujarnya. (ewb/bas)





Tinggalkan Balasan