Sehari Cetak 100 Face Shield, Sumbangkan ke Tenaga Medis

487

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, membuat face shield secara mandiri dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

Face shield karya Fakultas Teknik Udinus ini disterilisasi sesuai standar medis menggunakan ultraviolet C untuk membunuh patogen. Sebelum dibagikan kepada tenaga medis yang ada di Kota Semarang.”Setiap harinya, mininal kita membuat 100 buah face shield,” kata pembuat face shield Udinus, Dewa Kusuma Wijaya, Selasa (14/4/2020).

Ia menjelaskan, jika wlat tersebut langsung diproduksi di laboratorium Sistem Produksi Udinus. Face shield yang dihasilkan, memiliki keunggulan yakni nyaman digunakan dan dengan  material terbaik. “Kita gunakan mesin Computer Numerical Control (CNC) sehingga hasil produksi lebih berkualitas, presisi, serta mampu memproduksi dengan skala besar,” tambahnya.

Face shield ini, memiliki tiga bagian yakni visor atau yang disebut dengan lensa/jendela, frame dan suspension system. Pada bagian visor, menggunakan material polyethylene terephtalate (PET). Pada bagian frame, menggunakan Polimer Vinil Klorida (PVC). “Pada bagian suspension system menggunakan strap elastis dan busa agar nyaman saat digunakan,”jelasnya.

Dekan Fakultas Teknik Udinus, Dr. Dian Retno Sawitri Ir. MT menjelaskan, pembuatan face shield agar membantu para tenaga medis saat menangani kasus Covid-19. “Sebelumnya, ada kelangkaan alat pelindung diri. Sehingga munculah ide pembuatan face shield ini,” tambahnya.

Ia menjelaskan, face shield juga dibagikan ke beberapa salah satunya RSUD Tugurejo, agar tenaga medis tetap aman dari risiko tertularnya Covid-19.  Dalam proses desainnya, FT Udinus melibatkan pihak internal, yakni program studi Teknik Industri dan Teknik Biomedis. Keduanya progdi merupakan program studi di FT Udinus. “Prodi Teknik Industri berperan merancang desain sedangkan teknik biomedis berperan melakukan evaluasi serta teknik sterilisasi,” ujarnya.

Face shield Udinus tidak diperjualbelikan secara umum, namun sebagai wujud dari Udinus Peduli Covid-19. Sehingga bagi instansi medis yang membutuhkan dapat mendapatkannya secara gratis. Selain itu masyarakat yang ingin berdonasi, mereka boleh berkontribusi ke Udinus dalam bentuk donasi.

Donasi tersebut nantinya akan digunakan kembali untuk memproduksi face shield yang lebih banyak. Ia juga berharap alat tersebut terus dikembangkan dalam segi desain dan material yang digunakan. Pada pemberian bantuan kepada rumah sakit Tugurejo, terdapat sekitar 100 face shield, 100 botol hand sanitizer, 50 Hazmat APD, ratusan roti, snack dan susu.

“Kami juga berencana untuk memberikan bantuan ke Rumah Sakit lain dua diantaranya RSUD KMRT Wongsonegoro dan RS Wiliam Booth,” tambah Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Udinus, Dr. St. Dwiarso Utomo, SE, M.Kom, Akt, CA. (den/bas)

 





Tinggalkan Balasan