Arena Sabung Ayam Digerebek, 33 Orang Diamankan

666
Sejumlah barang bukti ayam dan orang yang diduga terlibat di lokasi sabung ayam. (M Haryanto/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Arena sabung ayam di Jalan Inspeksi atau Sendowo persisnya belakang Kawasan Matahari Johar digerebek petugas Polrestabes Semarang, Jumat (3/4/2020) siang. Hasilnya, petugas berhasil mengamankan 33 orang dan 26 ayam aduan yang diduga juga untuk kegiatan perjudian.

Dari operasi tersebut pihak kepolisian juga mengamankan 57 motor yang berada dilokasi penggerebekan. Sedangkan sebagian lainnya lari tunggang-langgang lantaran mengetahui kedatangan petugas. Mereka yang diamankan, langsung digelandang di Mapolrestabes Semarang untuk dilakukan pendataan dan pembinaan.

Selain itu mereka juga mendapat pembinaan dengan cara dijemur di tengah lapangan. Kemudian disuruh bersujud sembari mengucapkan kata ‘saya bertobat’ ucapan tersebut diulang hingga 100 kali.

“Makanya dalam pelaksanaan razia, mereka yang berpartisipasi dan ikut serta dalam hal ini penjual, hobi nonton, penggembira sabung ayam dan terkena razia, dikasih pembinaan,” ungkap Kasat Binmas Polrestabes Semarang, AKBP Maulud, kepada Jawa Pos Radar Semarang, Jumat (3/4/2020).

Razia ini dilakukan setelah mendapat laporan dari masyarakat yang mengeluhkan dan resah terkait praktik sabung ayam di lokasi tersebut. Setelah mendapat pembinaan, mereka juga membuat surat penyataan untuk tidak mengulangi perbuatanya.

“Karena sudah ada aduan dari masyarakat dari teman-teman peduli umat Islam kemarin. Nanti hari Senin sama Kamis mereka kita kenakan wajibkan lapor. Kemudian bagi yang bergama islam kita kasih pembinaan rohani setelah salat Maghrib, kita berikan nasehat dengan maksud untuk menyentuh perasaanya supaya sadar,” tegasnya

“Kalau mereka masih melakukan perbuatan yang sama nanti akan kita lanjut (proses hukum). Karena dia juga salah satunya kena pasal 55 dan 58 tekait ikut serta membantu pelaksanaan sabung ayam itu,” sambungnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Asep Maulidin mengatakan mereka yang diamankan masih dalam pemeriksaan. Sesuai informasi dari masyarakat, sabung ayam tersebut sudah berlangsung dua bulan lalu.

“Untuk para pelaku Sabung ayam, terutama para bandar dan panitia atau pemain nantinya akan kita proses lanjut. Untuk nilai taruhan masih kita dalami, nanti kita lakukan pemeriksaan terhadap oknum oknumnya untuk diketahui,” pungkasnya. (mha/bas)





Tinggalkan Balasan