Siapkan Rapid Test Korona untuk Prajurit

157
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi ketika meninjau sarana prasarana di RST Bhakti Wira Tamtama, Kamis (19/3/2020) kemarin. (Dewi Akmalah/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro menyiapkan alat rapid tes bagi para prajurit. Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi menuturkan pihaknya juga melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus Korona.

Terutama di kalangan tentara. Ia mangaku tengah mempersiapkan 9.000 unit rapid test korona. Sehingga dapat mengakomodasi tentara dan keluarganya di wilayah Kodam IV/Diponegoro untuk menjalani test pemeriksaan Korona.

“Saya sendiri saat ini sudah test. Untuk para prajurit kami akan sediakan alat rapid test secara bertahap untuk memeriksa kesehatan mereka,” ujarnya saat meresmikan instalasi kesehatan baru di Rumah Sakit Tentara Bhakti Wira Tamtama, Kamis (19/3/2020).

Selain itu pihaknya juga  telah melakukan penyemprotan desinfektan ke berbagai fasilitas umum dan kantor yang dimiliki. Tak lupa menyediakan hand sinitizer di setiap titik agar dapat menjaga kebersihan diri tentara.

Dirinya mengaku apabila pemerintah daerah membutuhkan, pihaknya siap membantu dengan seluruh sarana prasana yang dimiliki. Termasuk fasilitas kesehatan seperti RST Bhakti Wira Tamtama yang berada dalam naungan Kesdam IV/ Diponegoro.

“Kami sudah punya rumah sakit yang memiliki prasaran lengkap. Tidak hanya digunakan untuk tentara saja, namun masyarakat umum juga bisa. Jadi kalau pemda butuh bantuan, kami siap turut serta melakukan sosialisasi pencegahan korona tersebut,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Kesdam IV/ Diponegoro, Kolonel CKM dr. Rahmad Saptono menuturkan dari 9.000 unit rapit test tersebut akan disebar ke berbagai RST yang ada di seluruh Jateng dan DIJ. Khusus untuk RST Bhakti Wira Tamtama sendiri rencananya akan diberikan 1.500 unit untuk pemeriksaan Korona bagi prajurit yang berada di Semarang dan sekitarnya. “Saat ini kita sedang menunggu alatnya dari Jakarta,” ujarnya.

Dirinya menambahkan selain pemeriksaan korona prajurit, saat ini rumah sakit tersebut juga telah menyediakan layanan lengkap bagi masyarakat umum. Pihaknya telah meningkatkan mutu pelayanan dengan membuat ruang Medical Check Up, Radiologi, dan Fisioterapi yang modern. Harapannya siapa pun yang berobat mereka dapat pelayanan terbaik tanpa harus mendapat rujukan ke rumah sakit lainnya akibat keterbatasan alat kesehatan.

“Saat ini kami telah mengoperasikan CT Scan dan penambahan alat hemodialisa (alat cuci darah) dari tiga menjadi 10, tak lupa pelayanan rontgen dan fisioterapi yang mumpuni,” lanjutnya. (akm/bas)

Tinggalkan Balasan