Helm Berpanel Surya Pecahkan Rekor

921
Tim SMAN 5 Semarang berpose Bersama Direktur Lembaga Prestasi Indonesia Dunia, Paulus Pangka usai pemecahan rekor. (Alvi Nur Janah)

RADARSEMARANG.ID, Semarang – SMA Negeri 5 Semarang berhasil memecahkan rekor Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid). Adapun prestasi membanggakan yang berhasil ditorehkan adalah berhasil menciptakan helm perpanel surya.

Helm berpanel surya adalah produk asli dari perusahaan siswa SMA Negeri 5 Semarang, yang tergabung dalam Ristavo Student Company. Sebanyak 19 siswa berhasil menghadirkan produk helm yang diklaim bisa mengurangi emisi karbon.

Helm tersebut menghasilkan energi listrik yang dihasilkan dari paparan sinar matahari. Bagian atas helm dilapisi panel untuk kemudian dikonversi menjadi energi listrik yang bisa digunakan sebagai charger handphone.

Direktur Lembaga Prestasi Indonesia Dunia, Paulus Pangka menuturkan rekor ini diberikan sebagai inovasi produk helm bertenaga surya pertama di Indonesia.”Merupakan sesuatu yang luar biasa, penuh kreatif dan inovatif. Di liar negeri sudah pernah ada di Amerika. Tetapi di Indonesia, hanya pertama kali di SMA Negeri 5 Semarang,”tuturnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (9/3/2020).

Paulus menambahkan, dengan urutan rekor ke-572 ia berharap helm berpanel surya tersebut bisa dipatenkan.”Saya akan membantu dalam proses paten agar tidak ada yang meniru. Karena itu yang paling penting. Jika tidak dipatenkan, akan mubazir,” katanya.

Jika tidak segera dipatenkan, ia khawatir akan ada pihak yang mengklaim karya mereka. Jika terjadi, hal tersebut tidak baik bagi sejarah penemuan teknologi di Indonesia. (avi/bas)

Tinggalkan Balasan