Longsor dan Genangan Air Kepung Semarang

186
HANCUR : Talud longsor hancurkan Musala Al Islaqul Amin RT 2 RW 15 Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan, terjadi Kamis (20/2) sekitar pukul 07.15.(M HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
HANCUR : Talud longsor hancurkan Musala Al Islaqul Amin RT 2 RW 15 Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan, terjadi Kamis (20/2) sekitar pukul 07.15.(M HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG,- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Semarang sejak Rabu (19/2) sore hingga Kamis (20/20) kemarin, mengakibatkan bencana longsor. Selain itu, sejumlah jalan dan permukiman tergenang air dengan ketinggian rata-rata 50 sentimeter.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Semarang, bencana longsor terjadi di sejumlah tempat antara lain, di Tambakaji Kecamatan Ngaliyan. Kemudian di RT 1 RW 8 Sendangguwo, bangunan rumah warga longsor. Kemudian talud longsor mengakibatkan Balai RT 3 RW 7 Kelurahan Beringin Kecamatan Ngaliyan ambrol. Tanah longsor di Jalan Raya Meteseh arah Tembalang.

Sedangkan paling parah sebuah talud di RT 9 RW 10 mengalami longsor dan menimpa bangunan musala Al Islaqul Amin RT 2 RW 15 Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan, terjadi Kamis (20/2) sekitar pukul 07.15. Akibat kejadian ini, musala tersebut mengalami hancur dan tidak bisa dipakai.

“Dimungkinkan kejadian karena hujan semalaman sehingga talud tidak kuat menahan resapan air dan mengalami longsor,” ungkap Ketua KSB Tambakaji, Anwar kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (20/2) kemarin.

Anwar mengatakan, talud yang longsor tersebut setinggi kurang lebih 15 meter persis berada di tepi bangunan musala. Mengalami longsor sepanjang 10 meter dan langsung menerjang dinding musala. “Hancur tidak bisa dipakai. Itu kan kalau sore di pakai untuk TPQ. Beruntungnya pada saat kejadian tidak ada orang,” katanya.

Tidak hanya tanah dan talud longsor, hujan deras tersebut juga mengakibatkan sejumlah ruas jalan raya dan di pemukiman penduduk tergenang air dengan ketinggian mencapai hampir 50 sentimeter. Seperti halnya terjadi di Jalan Gajah Raya di Tlogosari, Muktiharjo, Bundaran Bubakan, Jalan Muktiharjo, Jalan Raya Kaligawe, Perempatan Madukoro menuju bandara Internasional Ahmad Yani. Perumahan Semarang Indah Blok C dan D, depan Unimus Kedungmundu, Kembanganom, Genuk Indah. Selain itu juga mengakibatkan sejumlah pohon mengalami tumbang diantaranya terjadi di Trangkil arah Kampus Unnes di tepi Jalan Walisongo KM 9 Ngaliyan. (mha/hid/ifa/ida)





Tinggalkan Balasan