Takut Longsor Ketika Tidur

184

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Memasuki musim penghujan seperti saat ini, warga di wilayah RT 6 RW 6 Kampung Deliksari Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati Semarang resah. Pasalnya di tempat tersebut sering terjadi longsor. Empat rumah warga bahkan sudah rata dengan tanah.

Ketua RT 6 Purwadi mengatakan, putusnya jalan RT itu sudah berlangsung satu tahun lalu. Sebenarnya jalan sudah pernah diperbaiki oleh pemerintah, tapi karena faktor alam, jalan tersebut rusak kembali. “Struktur tanah yang gerak menyebabkan jalan kampung menjadi patah,” kata Purwadi, Kamis (2/1).

Jalan yang putus ini menghubungkan antara RT 1 dan RT 6 di wilayah RW 6 Deliksari. Jarak dua RT ini jika melalui jalan tersebut sebenarnya hanya sekitar 100 meter. Tapi kini warga harus jalan memutar sejauh 1 kilometer. “Sampai saat ini jalan tidak bisa dilalui sama sekali, sehingga warga harus memutar yang jaraknya sangat jauh,” imbuhnya.

Salah seorang warga, Kantun, 35, mengaku waswas ketika hujan turun. Ia tak bisa tidur nyenyak karena khawatir rumahnya akan longsor atau bergeser. “Soalnya rumah kakak saya itu juga mengalami longsor. Sehingga yang ditakutkan ketika sedang tidur terjadi longsor,” katanya.

Sekretaris Kelurahan Sukorejo Heriyanto mengatakan, kondisi ini sudah dilaporkan ke pemerintah kota melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim). “Memang sudah pernah didatangi dan dilihat tetapi sampai sekarang belum ada tindaklanjutnya,” katanya. (hid/ton)