Priyanto Gantikan Yunan Pimpin Kejati Jateng

1270

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Belum genap setahun menjabat Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng, Yunan Harjaka digantikan Priyanto. Pelantikan dilakukan oleh Jaksa Agung Dr Sanitiar Burhanuddin. Sebagaimana surat Keputusan Jaksa Agung nomor: 372/A/JA/12/2019 tanggal 16 Desember 2019.

Dari catatan Jawa Pos Radar Semarang, Priyanto bukan orang baru di Kejati Jateng. Sebelumnya Priyanto pernah menjadi Wakil Kepala Kejati Jateng, kemudian menjabat sebagai Asisten Pengawas dan Asisten Pidana Umum di Kejati Jateng. Sedangkan terakhir menjabat Kepala Kejati Sumatera Barat. Atas pergantian jabatan itu, Yunan Harjaka mendapat amanah jabatan baru sebagai Direktur Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung.

Jaksa Agung Dr Sanitiar Burhanuddin, menganggap Priyanto sudah cukup berpengalaman dan memiliki banyak prestasi membanggakan. Bahkan, belum lama ini Priyanto juga mendapat penghargaan dari Ketua Komisi Keterbukaan Informasi Publik Sumatera Barat Tahun 2019 sebagai pemimpin motivasi dalam keterbukaan informasi.

“Penghargaan Anugerah Achievment Motivation Person kepada Priyanto bersama dengan 15 tokoh Sumatra Barat lainnya,” kata Sanitiar Burhanuddin kemarin.

Burhanuddin juga berharap kepada pejabat yang baru saja dilantiknya untuk dapat membawa kejaksaan lebih baik lagi. “Sehingga bisa membawa kejaksaan menjadi lembaga yang mampu memberikan pelayanan bagi masyarakat, bangsa, dan negara yang optimal,” harapnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Kepala Kejati Jateng dilakukan di Aula Sasana Baharuddin Lopa, Gedung Utama Kejaksaan Agung pada 27 Desember kemarin. Saat ini, Priyanto sudah bertugas di Kejati Jateng. Dalam waktu dekat akan dilangsungkan pisah sambut keduanya di Kejati Jateng.

Pelantikan Priyanto sendiri bersamaan dengan sejumlah pejabat yang mendapat jabatan baru. Di antaranya Sekretaris Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Sesjampidum), Sesjam Pidana Khusus, Sesjambin, Sesjamwas, Direktur Ipolhankam pada Jamintel, Direktur TP Terorisme & Lintas Negara pada Jampidum, Direktur Penyidikan pada Jampidsus, Direktur Penuntutan pada Jampidsus.

Kemudian Direktur Upaya Hukum Luar Biasa Eksekusi & Eksaminasi pada Jampidsus, Direktur Teknologi dan Informasi pada Jamintel, Direktur Pertimbangan Hukum pada Jamdatun, Inspektur Keuangan pada Jambin, Inspektur II pada Jamwas, Inspektur I pada Jamwas, Inspektur IV pada Jamwas.

Selain itu juga Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Barat, Kajati NTB, Kajati Sumbar, Kajati Jabar, Kajati Kepri, Kajati jambi, Kajati Maluku Utara, Kajati Babel, Kajati Sumut, Kajati DKI, Kajati Sulteng, Kajati Riau, Kajati Kalteng.

Juga Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) pada Jamintel, Kapus Penelitian dan Pengembangan pada Jambin, Karo Umum pada Jambin, Karo Keuangan pada Jambin, Kapus Data Statistik Kriminal dan Teknologi pada Jambin dan Kapusdiklat Mapim pada Badan Diklat Kejaksaan RI. (jks/zal)