Amankan Pergantian Tahun, Polda Jateng Siapkan 30 CCTV dan Sniper

236
BANJIR PELANCONG: Kawasan Kota Lama dibanjiri pelancong selama musim liburan. INZET: Pihak Polda Jateng memasang 30 CCTV di setiap titik Kota Lama untuk membantu pengamanan. (Adityo Dwi)

RADARSEMAANG.ID, SEMARANG– Polda Jateng berupaya menutup celah kejahatan dan merapatkan pengamanan pada malam pergantian tahun 2020. Salah satunya dengan memasang pasang 30 CCTV di titik keramaian. Seperti di kawasan Kota Lama.

“Kami telah memasang CCTV untuk memastikan pengamanan terhadap masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun. Tidak ada sejengkal pun yang tidak terpantau oleh CCTV,” tegas Kabid TIK Polda Jateng A.B. Kawedar pada Jawa Pos Radar Semarang Sabtu (28/12).

CCTV tersebut terintegrasi satu dengan yang lainnya. Pusat pemantauan berada di Mapolda Jateng. “Supaya masyarakat bisa menikmati pergantian tahun dengan nyaman aman. Tidak terjadi gangguan-ganguan, baik kriminal maupun yang lain,” ucapnya.

Melaui pemantauan CCTV, Dinas Kesehatan akan dimudahkan mengkoordinasikan jajarannya. Membantu masyarakat yang membutuhkan perawatan. Selain itu juga memudahkan dalam memantau aksi teror. “Jadi kalau ada teror memudahkan rekan-rekan dari kepolisian mengidentifikasi para pelaku. Memudahkan juga mencari pelaku dan penindakan hukum,” imbuhnya.

Penembak jitu juga disiapkan pihak di titik-titik khusus. Mereka siap menjaga keamanan malam tahu baru. “Setiap kawasan harus terpantau untuk memudahkan penembak jitu di titik-titik strategis. Ketika terjadi kejahatan penembak jitu bisa dengan mudah dikoneksikan,” pungkasnya.

Terpisah, kawasan Kota Lama pada hari libur ini dibanjiri pelancong. Baik lokal maupun mancanegara. Salah satu spot favorit adalah Taman Srigunting atau Gereja Blenduk. Para pelancong pun berselfie ria dengan background gedung Marba, Gereja Blenduk maupun fasilitas pendukung lain, seperti sepeda, PJU maupun jalan berpaving di sepanjang kawasan Kota Lama. (yan/zal)