Pendapatan ZIS Semarang Rp 8,2 M

250
TERIMA BANTUAN: Ketua Pelaksana Baznas Semarang, Muhammad Ashar (tiga dari kiri) menerima ZIS dari UPZ terkait. (Dewi Akmalah/ Jawa Pos Radar Semarang)
TERIMA BANTUAN: Ketua Pelaksana Baznas Semarang, Muhammad Ashar (tiga dari kiri) menerima ZIS dari UPZ terkait. (Dewi Akmalah/ Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Penerimaan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) Kota Semarang mengalami peningkatan signifikan. Hingga akhir tahun 2019, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas ) Kota Semarang telah membukukan ZIS sejumlah Rp 8,2 miliar.

Ketua Baznas Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara menuturkan, jumlah tersebut naik dua miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp 6 miliar. Dengan semakin besar jumlah penerimaan, menurutnya akan semakin berat untuk mengelola. Meski begitu, pihaknya berkomitmen untuk memanfaatkan dana tersebut untuk kebaikan umat.

“Dengan penerimaan yang ada saat ini, kami bisa gunakan untuk pembangunan RTLH (rumah tidak layak huni) dan jamban komunal, pembayaran beasiswa pendidikan dan bantuan layanan kesehatan seperti UHC,” ujarnya Kamis (26/12).

Pihaknya optimistis pendapatan ZIS terus naik. Bahkan pada 2020, pihaknya menargetkan mampu menghimpun sebesar Rp 20 miliar. Dirinya akan semakin menggiatkan sosialisasi kesadaran berzakat kepada masyarakat umum. Khususnya pengusaha.

“Selama ini penerimaan ZIS memang 70 persen dari ASN dan sisanya dari khalayak umum. Saya ingin tahun depan, penerimaannya bisa seimbang 50 persen antar golongan tersebut,’ tandasnya.

Wakil Ketua Bidang Keuangan Baznaz Semarang Devri Afiandy menambahkan, saat ini pihaknya mulai rutin melakukan komunikasi dengan Pemkot Semarang. Sehingga dalam setiap kegiatan pihaknya dapat turut seta untuk membantu. Termasuk dalam penanganan bencana beberapa waktu lalu. Seperti bencana puting beliung dan banjir.

“Saat ini Pak wali kota sedang menaruh perhatian penuh kepada kita. Saya harap dengan itu bisa memotivasi kita untuk bekerja lebih baik menaikkan pendapatan ZIS Kota Semarang ke depan,” pungkasnya. (akm/zal)