Ekspor Honda PCX Buatan Indonesia ke Brazil

311
SASAR BRAZIL : Honda PCX buatan Indonesia kini memperluas pasar ekspor dengan tujuan Brazil. (DOKUMEN HONDA)
SASAR BRAZIL : Honda PCX buatan Indonesia kini memperluas pasar ekspor dengan tujuan Brazil. (DOKUMEN HONDA)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – PT Astra Honda Motor (AHM) terus melakukan ekspansi ke negara-negara baru tujuan ekspor. Kali ini, perusahaan mengekspor Honda PCX dalam bentuk completely knock down (CKD) ke luar Asia, yaitu Brazil.

Ekspor komponen sepeda motor Honda PCX ke Brazil, Amerika Selatan merupakan bagian dari rangkaian ekspor sepeda motor Honda dalam bentuk komponen (CKD) maupun secara utuh (CBU). Dalam periode Januari hingga November tahun ini, AHM mengekspor 321.620 set komponen sepeda motor Honda (CKD).

Adapun ekspor sepeda motor Honda secara utuh (CBU) tercatat sebanyak 279.716 unit. Angka ini memberikan kontribusi sebesar 37,2 persen terhadap total ekspor sepeda motor CBU pabrikan motor nasional yang saat ini tercatat sebanyak 750.183 unit.

“Inilah bentuk kepercayaan dan penghargaan pasar global atas kualitas produk maupun komponen buatan dalam negeri,” kata General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet.

AHM, lanjut dia, terus berupaya memberikan produk sepeda motor dan komponen yang memiliki daya saing kuat di pasar global. Hal tersebut dapat terjadi dengan konsistensi sebagai perusahaan dalam mengembangkan dan memberikan produk dan pelayanan terbaik.

“Kami berusaha memberikan kontribusi signifikan bagi negeri ini dalam ekspor sepeda motor produksi anak bangsa yang berkualitas tinggi. Kami melakukan ekspor perdana ke Brazil pada kuartal terakhir tahun ini. Ini ekspor perdana kami ke negara di luar Asia. Harapannya bisa berkembang lebih luas dari sisi negara tujuan ataupun produk,” tuturnya.

Sebelumnya, pada November, salah satu produk unggulan yang memenuhi kualitas global dan mendapat perhatian pasar ekspor dunia adalah Honda Vario 125. Produk ini menjadi model terlaris AHM yang diekspor utuh (CBU) ke luar negeri, dengan pengiriman mencapai 13.536 unit menuju Filipina.

Performa baik ekspor Honda Vario 125 diikuti Honda BeAT yang dikirimkan ke negara yang sama sejumlah 13.008 unit. AHM juga mulai mengekspor secara utuh Honda ADV150 dan Supra GTR150 ke negara Filipina.

Total ekspor CBU AHM pada November 2019 mencapai 33.704 unit atau naik fantastis 74,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu 19.282 unit. Kontribusi tertinggi dari segmen skutik yaitu 561.076 unit, diikuti oleh segmen sport 103.284 unit, dan segmen motor bebek/cub 85.823 unit.

“Saat ini, AHM telah melakukan ekspor ke delapan negara di Asia dan Amerika. Selain Brazil sebagai pasar baru, sebelumnya perusahaan sudah melakukan ekspor menuju Bangladesh, Jepang, Kamboja, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam,” pungkasnya. (den/ida)