BBM dan LPG Dipastikan Aman

Gas LPG rata-rata stok saat Nataru sebesar 8.292 metrik ton (MT)

349

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan gas elpiji dipastikan mencukupi kebutuhan masyarakat Jawa Tengah untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Tidak hanya ketersediaan, pemerintah menjamin kemudahan masyarakat untuk mengaksesnya.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan bahwa berdasarkan rapat koordinasi dengan Pertamina MOR IV, stok BBM bisa mencukupi dengan rata-rata lebih dari tiga hari. Sementara untuk stok ekpiji rata-rata mencukupi pasokan dua hari. ”Memang ada keterbatasan untuk yang elpiji, namun masih aman,” ujarnya di Semarang.

Terkait kesiapan pelayanan, bersama Pertamina pihaknya akan menyediakan tempat pengisian BBM cadangan, selain mengoptimalkan yang sudah ada. Selama Nataru nanti, akan dioperasikan tujuh depot dan 868 SPBU yang beroperasi selama 24 jam. Termasuk SPBU kantong juga disiapkan, selain membuat crisis center berupa posko Satgas untuk melayani masyarakat. ”Kami akan membuka 11 kios siaga di jalan tol untuk mengantisipasi adanya pengendara yang kehabisan BBM di tengah jalan,” tegasnya.

Untuk memastikan pasokan gas elpiji, Jawa Tengah juga telah menyiagakan 364 agen elpiji PSO, 90 agen elpiji NPSO, 4.755 pangkalan PSO dan 490 outlet NPSO. Dinas ESDM Jateng juga memastikan tidak terjadi pemadaman listrik selama Nataru setelah berkoordinasi dengan PLN. ”Kami menyiapkan strategi untuk mengantisipasi pemadaman listrik selama Nataru dengan penyiapan genset, trafo mobile dan lainnya,” tandasnya. (sga/ida)