Unnes Tambah Empat Profesor

254
DILANTIK : Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman Mhum, saat melantik empar profesor baru di kampus Unnes Sekaran kemarin. (IST)
DILANTIK : Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman Mhum, saat melantik empar profesor baru di kampus Unnes Sekaran kemarin. (IST)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Akselerasi dalam meningkatkan sumber daya manusia di Universitas Negeri Semarang (Unnes) terus dilakukan. Salah satuya denganmenggenjot dosen untuk menjadi guru besar. Rabu (11/12) kemarin Unnes menambah empat profesor atau guru besar baru yang menjadi program peningkatan prestasi dan reputasi.

Tiga profesor dari FMIPA yaknki Prof Dr Siti Harnina Bintari MS, yang menjadi guru besar  bidang ilmu bioteknologi, Prof Dr Putut Marwoto MS, guru Besar dalam bidang ilmu fisika terapan, Prof Dr Ari Yuniastuti SPt MKes sebagai  guru dalam bidang ilmu gizi dan kesehatan. Terakhir Prof Dr Bambang Budi Raharjo MSi dari FIK sebagai guru besar bidang ilmu kesehatan masyarakat.“Kami terus meningkatkan sumber daya manusia menjadi lebih bermutu,” kata Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman Mhum.

Targetnya sampai 2020 mendatang Unnes akan menambah 20 profesor baru. Saat ini jumlah profesor aktif di sekitar 62 orang. Total jumlah profesor yang telah dikukuhkan tercatat sebanyak 112 profesor.“Kita terus pacu, sampai akhir tahun ini ada tambahan enam profesor,” jelasnya.

Unnes memiliki 1.200 dosen. Menurut Fathur, idealnya perguruan tinggi minimal memiliki 10 persen profesor dari jumlah dosen. Unnes sendiri terus mendorong dosen yang sudah bergelar doktor agar bisa melanjutkan studi dan melakukan penelitian serta membuat jurnal ilmiah.

“Penambahan doktor dan profesor ini dilakukan agar menjadi bagian dari atmosfir akademik. Dari Unnes terus mengawal, memfasilitasi dan melakukan pendampingan. Agar jumlah profesor di kampus ini bisa terus bertambah,” tegasnya. (den/zal)