Tes Panwascam Gunakan Sistem Online

135
UJI COBA : Bawaslu Jateng saat menggelar uji coba sistem online dalam tes tertulis calon Panwascam Pilkada 2020. (ISTIMEWA)
UJI COBA : Bawaslu Jateng saat menggelar uji coba sistem online dalam tes tertulis calon Panwascam Pilkada 2020. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Bawaslu menerapkan metode atau sistem online dalam tes tertulis calon Panwascam Pilkada 2020. Dalam sistem online ini, pendaftar mengerjakan soal-soal dengan menggunakan laptop atau komputer.

“Tes tertulis calon Panwascam akan digelar mulai 13 hingga 17 Desember 2019,” kata Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng Rofiudin.

Untuk itu, katanya, Bawaslu kabupaten/kota di Jateng perlu bekerjasama dengan pihak-pihak lain yang memiliki sarana dan prasarana untuk tes tertulis secara online. Bawaslu RI menerapkan sistem online dalam tes tertulis Panwascam Pilkada 2020. “Di Jateng, dari 21 kabupaten/kota yang membentuk Panwascam, semuanya menggunakan sistem online dalam tes tertulis,” ujarnya.

Sebanyak 21 kabupaten/kota di Jateng sudah menggelar uji coba tes tertulis online. Uji coba ini untuk memastikan tidak ada kendala dalam tes tertulis. Selain itu, ketersediaan sarana dipastikan sudah aman untuk menjalankan seleksi tersebut. “Sudah dilakukan uji coba, kami ingin memastikan semua baik-baik saja,” katanya.

Bawaslu Jateng telah menginstruksikan kepada Bawaslu kabupaten/kota untuk siap siaga menggelar tes tertulis dengan sistem online. Beberapa hal yang menjadi tekanan antara lain, soal harus diiringi kekuatan sistem jaringan internet agar tidak trouble, memastikan tidak adanya pemadaman listrik di lokasi tes tertulis online, menyiapkan genset jika kondisi darurat karena listrik mati, dan petugas harus melayani pendaftar secara profesional dan lain-lain. “Setelah tes tertulis, pendaftar panwascam juga akan melalui tes wawancara. Pelaksanaan tes wawancara dilakukan secara simultan setelah tes tertulis,” tambahnya. (fth/ida)