Jelang Pilkada, 4.735 Orang Daftar Panwascam

297
BIMTEK: Sekda dr Singgih Setyono saat mengisi bimtek untuk para kades, perangkat dan BPD se Kecamatan Karanganyar kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BIMTEK: Sekda dr Singgih Setyono saat mengisi bimtek untuk para kades, perangkat dan BPD se Kecamatan Karanganyar kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di 21 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah telah membuka masa pendaftaran seleksi panitia pengawas kecamatan (Panwascam). Tercatat sudah ada sebanyak 4.735 pendaftar Panwascam di 343 kecamatan yang tersebar di 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Mereka nantinya akan bertugas mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah-wakil kepala daerah 2020. Masa pendaftaran telah berlangsung sejak 27 November hingga 3 Desember 2019. Sesuai ketentuan, setiap kecamatan harus ada minimal enam pendaftar yang memenuhi kelengkapan administrasi. “Jika pendaftar kurang dari enam orang, maka kecamatan bersangkutan harus memperpanjang masa pendaftaran,” kata Koordinator Divisi SDM Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Sri Sumanta.

Ia menambahkan ada 12 kecamatan yang harus diperpanjang masa pendaftaran. Sebab, di 12 kecamatan itu jumlah pendaftar yang memenuhi kelengkapan administrasi kurang dari enam orang. Yakni enam kecamatan di Kabuapten Wonogiri (Kecamatan Wuryantoro, Batuwarno, Giriwoyo, Nguntoronadi dan Karangtengah); dua kecamatan di Kota Semarang (Kecamatan Gajahmungkur dan Candisari); satu kecamatan di Kabupaten Kendal (Kecamatan Singorojo). Kemudian satu kecamatan di Klaten, (Kecamatan Manisrenggo); satu kecamatan di Kabupaten Pekalongan (Kecamatan Kandangserang). Dan satu kecamatan di Kabupaten Purbalingga, yakni Kecamatan Karangjambu.

Masa perpanjangan pendaftaran Panwascam di 12 kecamatan di kabupaten/kota tersebut akan dibuka sejak 6-10 Desember 2019. Sementara itu, masa pendaftaran di 15 kabupaten/kota lainnya tidak ada masa perpanjangan pendaftaran seleksi Panwascam. Sebab, jumlah pendaftar sudah memenuhi ketentuan. 15 kabupaten/kota itu adalah: Blora, Boyolali, Demak, Grobogan, Kebumen, Pemalang, Purworejo, Rembang, Kabupaten Semarang, Sragen, Sukoharjo, Wonosobo, Kota Magelang, Kota Pekalongan dan Kota Surakarta. Selanjutnya, kabupaten/kota tersebut sedang memproses seleksi administrasi.

“Hasil seleksi penelitian administrasi akan diumumkan pada 12 Desember 2019 melalui pengumuman di kantor Bawaslu kabupaten/kota maupun melalui website Bawaslu di daerah,” kata Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jawa Tengah, Rofiudin. (fth/ida)