Prestasi Espero Choir Mendunia

444
RAIH EMAS : Espero Choir saat mengikuti International Choral Eisteddfod di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2018. (IST)
RAIH EMAS : Espero Choir saat mengikuti International Choral Eisteddfod di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2018. (IST)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Berbagai prestasi ditorehkan Espero Choir, ekstrakurikuler Paduan Suara SMPN 2 Semarang. Mereka berhasil menyumbang gelar juara di tingkat nasional maupun internasional.

“Prestasi terbaru kita adalah meraih Gold Medal dalam 7th Satya Dharma Gita Choir Festival kategori Teenagers Choir yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Undip di Semarang Cultural Center. Hal ini tidak terlepas dari dukungan pihak sekolah, orang tua, dan pelatih kami,” tutur Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Sudaryono, Selasa (26/11).

Manajemen sekolah yang sangat baik juga menjadi motivasi anak-anak untuk tetap berprestasi. Ekstrakurikuler paduan suara secara tidak langsung telah melahirkan bibit-bibit unggulan. Data terbaru, yang tergabung dalam ekstrakurikuler paduan suara ini sebanyak 152 siswa. “Semua mengikuti dari kelas 7-9. Latihan juga dilaksanakan seminggu sekali pada hari Senin. Mendekati kompetisi, kita setiap hari latihan bersama pelatih kami, Mbak Diana. Jumlah satu tim yang tergabung kurang lebih 40-50 siswa,” tutur guru Seni Musik tersebut.

Selain kompetisi, Espero Choir juga menjadi langganan pengisi paduan suara di berbagai acara Pemkot Semarang. Seperti menjadi tim paduan suara pada Upacara Bendera di Lapangan Simpang Lima Semarang, paduan suara pada kegiatan Pembukaan Jambore Nasional Dirgantara tahun 2009 di Bumi Perkemahan Candradimuka Semarang.

Beberapa gelaran kompetisi yang pernah diikuti Espero Choir antara lain International Choral Eisteddfod di Kuala Lumpur 2018. Pada ajang kompetisi paduan suara internasional ini, Espero Choir meraih medali emas. Kemudian berlaga di Soegijapranata Choir Festival 2018 serta Karangturi Internasional Choir Competition 2019 yang diselenggarakan Sekolah Nasional Karangturi Semarang.

“Setiap kejuaraan kita anggap sebagai bonus, yang terpenting adalah proses. Kami tekankan kepada anak-anak, bahwa mencapai kesuksesan tidak instan. Di Espero Choir ini, kami tanamkan nilai karakter, seperti kerjasama, menghargai orang lain, disiplin, dan sportivitas,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Andri Diana Sari, selaku Choir Director Espero Choir. Ia berharap, tim asuhannya akan terus mempunyai daya juang tinggi dibanding tim lain.

“Semoga bisa naik level dan menghasilkan anak-anak yang tidak hanya pandai bermusik. Tapi juga pandai dalam kerja tim, mengelola ego, dan berdaya juang tinggi,” paparnya. (cr2/ton)