Puluhan Jurnalis dan Mitra Gojek Test Jantung

355
Memperingati Hari Ayah sekaligus Hari Pahlawan, Mal Ciputra Semarang bekerja sama dengan RS SMC Telogorejo Semarang menggelar Medical Check Up Jantung melalui Treadmills EKG untuk Jurnalis media cetak, online, dan elektronik serta Mitra Gojek di Atrium Mal Ciputra Semarang, Selasa (19/11). (ADITYO DWI)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG, –  Sebanyak 20 jurnalis dan 30 orang mitra Gojek menjalani cek jantung Gratis yang diselenggarakan Mal Ciputra bekerjasama dengan RS SMC Telogorejo. Acara yang bertajuk ‘My Sweetheart’ dikhususkan bagi laki-laki dan bekerja di lapangan.

“Tidak hanya cek jantung gratis, rangkaian event juga  berupa talk show, cek jantung terdiri atas EKG bagi pengunjung , untuk jurnalis dan mitra gojek  kami khususkan untuk laki-laki. Dan yang kami pilih adalah para Ayah yang bekerja di lapangan. Jadi mereka ini sekaligus pahlawan bagi keluarganya,” jelas Mall Manager Ani Suyatni.

Ani menambahakan, bagi sebagian besar peserta, treadmill untuk cek jantung adalah hal baru. Karena sepengetahuan mereka, treadmill biasanya hanya berlari di alat tersedia dengan kecepatan yang bisa diatur. Tapi kali ini, sambil berlari mereka dipasangkan juga alat deteksi jantung.

“Sesi talk show lengkap dipaparkan mulai cara pencegahan, tindakan hingga solusi apabila sudah terdeteksi penyakit jantung oleh dokter M. Yusuf Suseno Sp. JP. FIHA, Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Jawa Tengah Hj. Sri Lestari Soediro dan survivor jantung Yudi Wibowo,” tandasnya.

Sementara itu, Spesialis Jantung dari Telogorejo Heart Centre, RS Telogorejo Semarang Yusuf Suseno, menjelaskan Penyakit jantung masih menjadi momok utama penyebab kematian di dunia. Penyebabnya adalah faktor keturunan, kolesterol, berat badan dan merokok. Penanganan pasien jantung adalah konsumsi obat, katerisasi dan operasi by pass.

“Treadmill untuk cek jantung adalah hal baru karena biasanya hanya berlari di alat tersedia dengan kecepatan yang bisa diatur.Tindakan pencegahan diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita jantung,” ujarnya.

Head Regional Corporate Affairs Gojek Jateng DIY, Arum K Prasodjo mengatakan, pihaknya  memberikan apresiasi kepada Mal Ciputra yang telah memfasilitasi pemeriksaan gratis dan penyuluhan seputar jantung bagi para mitra Gojek setelah sebelumnya beberapa waktu lalu ada juga pemeriksaan deteksi kanker.

“Kami menyadari pentingnya deteksi dini dan pemahaman akan bahaya penyakit jantung. Semoga upaya ini dapat membantu para mitra kami untuk menjaga kesehatan dirinya. Karena bagi kami, mitra Gojek ini selain pahlawan bagi keluarganya, mereka juga pahlawan yang siap melayani masyarakat,” jelasnya. (dit/ap)