Hari Ini Lawan PSIS, Bali United Tidak Diperkuat 4 Pemain Utama, Kenapa?

185
Baskoro Septiadi/ Jawa Pos Radar Semarang
Baskoro Septiadi/ Jawa Pos Radar Semarang

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Laga sarat gengsi akan tersaji di Stadion Moch Soebroto Magelang, Jumat (15/11) hari ini. Pertandingan yang mempertemukan tuan rumah PSIS Semarang melawan Bali United dipastikan akan berjalan alot mengingat kedua tim memiliki misi khusus mengamankan tiga poin untuk mempermudah posisi mereka pada klasemen sementara Liga 1.

Menjamu tim tamu, Wallace Costa dkk masih mengusung target wajib menang. Apalagi posisi mereka semakin sulit mengingat pada laga terakhir terpaksa mengakui keunggulan Persib Bandung 2-1. Mahesa Jenar tengah dituntut untuk mampu meraih 38 poin pada akhir musim agar dapat terhindar dari zona degradasi. Sedangkan tim tamu tengah bersemangat meraih kemenangan untuk empat laga tersisa agar dapat mengunci gelar juara sebelum musim berakhir.

Melawan Serdadu Tridatu, anak asuh Bambang Nurdiansyah diperkirakan akan tampil full team dengan menggunakan formasi 4-2-3-1. Hanya minus Frendi Saputra akibat akumulasi kartu dan Septian David yang tengah fokus membela timnas. Di posisi penjaga gawang, Jandia Eka akan tetap menjadi andalan mengawal benteng terakhir Mahesa Jenar. Pada barisan pertahanan, dipimpin sang kapten Wallace Costa akan didampingi Fredyan Wahyu, Rio Saputra, dan Safrudin Tahar. Pada posisi gelandang bertahan, Finky Pasamba dan Jonathan Cantillana akan berduet untuk memotong serangan lawan sebelum masuk garis pertahanan. Sedangkan Hari Nur Yulianto, Bayu Nugroho, dan Bruno Silva akan menjadi motor serangan untuk menyuplai bola kepada striker tunggal Claudir Marini untuk penyelesaian akhir.

Sementara itu di pihak lawan, Bali United yang tidak diperkuat empat pemain utamanya akan tampil menyerang dengan tiga striker di depan. Malvin Platje dan Paulo Sergio tengah menjalani hukuman akumulasi kartu. Sedangkan Irfan Bachdim dan Ricky Fajrin tengah membela Timnas. Dibawah mistar Wawan Hendrawan akan menjaga gawang Bali dari serangan lawan. Pada posisi pertahanan akan diisi Michael Orah, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu dan Dias Angga. Brwa Naori akan menjadi jangkar pertahanan agar duet sang kapten Fadil Sausu dan M Taufiq dapat lebih fokus mengalirkan bola untuk trio depan yang diisi oleh Stefano Lilipaly yang telah pulih dari cidera, Ilija Spesajevic dan Fahmi Al Ayyubi.

Pelatih PSIS Semarang Bambang Nurdiansyah menuturkan, pihaknya telah menganalisa skema bermain yang diterapkan oleh tim tamu. Pihaknya telah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi permainan cepat kolektif dengan arah serangan vertikal yang selama ini diterapkan tim lawan. Meskipun berat melawan pimpinan klasemen sementara, pihaknya tetap menargetkan tiga poin kepada anak asuhnya. Mengingat PSIS tidak dapat lagi bersantai agar tidak terperosok ke zona degradasi.

“Meskipun Bali United tidak diperkuat empat pemain utamanya, saya yakin performa mereka tidak akan melemah. Mereka punya materi pemain yang baik dan cepat di semua sektor. Baik pemain utama maupun pelapisnya. Lengkap atau tidak, kita harus mengeksploitasi mereka besok. Karena bagaimaapun kita butuh tiga poin,” ujarnya.

Ketika ditanya mengenai kentungan waktu recovery yang lebih panjang daripada Bali United, Banur –sapaan akrabnya–mengaku tidak menjadikan hal tersebut sebagai patokan. Sebab, timnya juga mengalami kelelahan setelah pulang dari Bandung. “Unggul waktu recovery saya rasa tidak akan berpengaruh. Bali United selalu merotasi pemainnya. Hasilnya, mereka tetap berbahaya. Kita juga kelelahan setelah pulang dari Bandung menggunakan bus. Jadi ya sama saja,” katanya.

Pelatih Bali United Stefano ‘Teco’ Cugurra mengaku , terdapat tujuh pemainnya yang absen pada laga hari ini. Namun pihaknya tidak khawatir dan telah menyiapkan pemain pengganti untuk tampil maksimal melawan PSIS. Pria asal Brazil tersebut akan memberikan kesempatan bagi pemain yang jarang tampil untuk memamerkan kemampuan. Sehingga dirinya memprediksi pertandingan akan tetap berjalan seru dengan sarat kepentingan dari kedua tim.

“Banyak pemain yang jarang tampil menunggu kesempatan melawan Semarang untuk pamer kemampuan. Mereka punya kualitas dan saya mendukung mereka untuk mengeksplore diri. Untuk pemain yang belum dapat bermain besok, kami akan menunggu mereka pada pertandingan berikutnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini Fadil Sausu dkk tengah fokus melakukan recovery. Sehingga ketika menghadapi PSIS Semarang, anak asuhannya dapat tampil dengan tenaga penuh. Pihaknya akan bekerja keras mengamankan tiga poin demi memuluskan jalan menuju tangga juara yang sudah di depan mata. “PSIS tim bagus. Kita harus beristirahat agar dapat bekerja keras besok. Semoga saja hasilnya bagus,” harapnya. (akm/aro)