alexametrics


Waspada, Rumput Ilalang Masih Jadi yang Tertinggi Penyebab Kebakaran

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Tercatat ada 513 kasus kebakaran yang ditangani Dinas Kebakaran Kota Semarang. Sepanjang kurun waktu Januari hingga November 2019, kasus kebakaran tertinggi terjadi pada September 2019.

“Tercatat ada 109 kasus kebakaran di September 2019. Rumput ilalang sampah menjadi klasifikasi paling tinggi dengan jumlah 87 kasus. Dominasi rumput ilalang sampah diperkirakan masih terjadi hingga akhir tahun ini,” kata Kepala Bidang (Kabid) Operasional dan Penyelamatan, Trijoto Poejo Sakti.

Menurutnya kasus kerugian akibat sampah sangat besar. Sampah padat yang terbakar akan terurai dan menjadi sampah gas. “Justru kerugian sampah sangat besar, sampah yang ditemui rata-rata sampah campuran. Masyarakat kurang peka untuk memilah sampah organik dan an-organik. Kalau dipisah, akan lebih baik dan nantinya akan mendatangkan keuntungan jika dikelola dengan benar,” ucapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (13/11).

Kerugian yang ditimbulkan oleh rumput ilalang sampah berkisar 62 persen dari total keseluruhan. Selain faktor rendahnya kesadaran memilah sampah, musim kemarau juga berpengaruh. Hal ini berdampak pada lahan yang terkena kurang lebih seluas 388,116 meter persegi.

Berbagai sosialisasi atau edukasi bahaya kebakaran kepada masyarakat selalu dilakukan. Agar masyarakat dapat mengerti dan dapat melindungi diri dari kebakaran yang datang secara tiba-tiba. Sosialisasi tidak hanya satu sektor, tetapi harus multi sektor.

“Sosialisasi atau edukasi kepada masyarakat tidak hanya mengharap pada teknis. Seperti cara memadamkan api, menghindari benda yang mudah terbakar, teori dasarnya dan lain-lain. Ke depan, kami butuh pendekatan kultural seperti sosial dan budaya,” tambahnya
Pendekatan budaya, kebiasaan masyarakat membakar sampah di musim kemarau harus dikurangi. Terlebih asap hasil pembakaran berbahaya bagi kesehatan. Upaya ini dilakukan, agar masyarakat bisa bahu-membahu mengatasi kasus kebakaran. (cr2/ida)

Terbaru

Fadia Baca Semua Aduan Warga

Tempat Ibadah Harus Taat Prokes

Bentuk Jaringan Kerja Bantu Warga Isoman

Beri Dukungan sekaligus Serap Masalah PKL

Populer

Lainnya