Setiap Desa Digelontor Rp 1 M

Kejar Terget 500 Desa Wisata

192

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Desa wisata di Jawa Tengah hingga saat ini tercatat ada 229 desa. Sementara itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menargetkan ada 500 desa wisata.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi mengatakan bahwa jumlah desa wisata yang ada saat ini berdasarkan penetapan bupati/wali kota. Penetapan tersebut merujuk pada Perda Nomor 2 tahun 2019 tentang pembentukan desa wisata.

”Itu nanti akan kami verifikasi lagi. Sehingga arahnya seperti apa, kami akan mendorong tumbuhnya desa wisata baru. Targetnya 500 desa wisata, InsyaAllah,” ujarnya.

Pengembangan desa wisata memang menjadi salah satu fokus pemerintah untuk meningkatkan perekonomian, utamanya ekonomi kreatif. Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan, untuk tujuan ini, Perda Desa Wisata dibentuk. Dan nantinya, untuk pengembangan, setiap desa akan digelontor Rp 1 miliar.

”Tentu dengan syarat-syarat minimal tertentu seperti manajerialnya dan perkembangan yang bagus. Kemudian kunjungan wisata yang banyak dan dari atraksi yang disuguhkan bisa menarik wisatawan,” ujarnya.

Pengembangan desa wisata dinilainya sebagai salah satu bentuk pemanfaatan dana desa yang baik oleh masyarakat. Gubernur menilai, kini mulai banyak yang tergerak untuk berpartisipasi dalam membangun desa.

Ditambahkan, desa wisata ini akan menjadi pendukung wisata-wisata di Jawa Tengah yang saat ini sedang digenjot untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah. (sga/ida)