Gaet 950 Ribu Wisman

255

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah targetkan mampu menggaet 950 ribu wisatawan mancanegara (wispan) hingga akhir tahun ini. Sebagai perbandingan, hasil evaluasi jumlah kunjungan wisatawan Jawa Tengah tahun 2018 sebesar 850 ribu.

Kepala Disporapar Jawa Tengah Sinoeng N. Rachmadi yakin target ini tercapai melalui event skala intenasional yang diselenggarakan Jawa Tengah sejauh ini.

Sebenarnya, oleh Kementerian Pariwisata, Jawa Tengah ditarget mampu menarik 1,2 juta wisman. Hal ini berkaitan dengan upaya pemerintah mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen. Salah satunya yang menjadi fokus adalah bidang pariwisata.

”Tapi kalau 1,2 juta nampaknya terlalu optimistis. Tapi tetap kita kejar sampai akhir tahun nanti. Kalau kami optimistis bisa tercapai sebanyak 900-950 ribu wisatawan mancanegara,” jelasnya.

Upaya untuk menarik wisatawan terus dilakukan dengan prinsip keroyokan. Dengan melibatkan, pegiat wisata, komunitas, dan beberapa unsur lainnya. Seperti salah satunya mempromosikan pariwisata Jawa Tengah dengan menggandeng blogger dalam maupun luar negeri.

”Sehingga ada yang diceritakan dari pengalaman mereka berkunjung ke Jawa Tengah. Ini saya rasa sangat efektif. Selain testimoni dari public figure tentunya,” ujarnya
Sampai saat ini, Sinoeng memang belum menghitung keseluruhan jumlah wisatawan yang datang ke Jawa Tengah. Sebab, masih ada dua bulan di akhir tahun yang masuk ke dalam kalender event Jawa Tengah. ”Hanya saja, secara kasat mata jumlahnya terus meningkat. Dari antusiasme setiap wisatawan yang datang di event Jawa Tegah sangat luar biasa,” ujarnya.

Tidak hanya meningkatkan jumlah kunjungan, pemerintah provinsi Jawa Tengah juga terus berupaya memperpanjang lama tinggal wisatawan di provinsi ini. Sejauh ini, rata-rata lama tinggal para wisatawan baru 1,3 hari.

”Kita akan belajar dari Jogjakarta. Karena lama tinggal di sana sudah sampai 2-3 hari,” kata Sinoeng. (sga/zal)