Getol Lakukan Penghijauan di RW III

238
TANAM POHON : Perwakilan warga RW III, Lurah Randugarut Hendri S, dan tim pengabdian masyarakat dari Udinus menanam pohon usai kerjabakti kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TANAM POHON : Perwakilan warga RW III, Lurah Randugarut Hendri S, dan tim pengabdian masyarakat dari Udinus menanam pohon usai kerjabakti kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG Persiapan terus dilakukan warga RW III Kelurahan Randugarut, Kecamatan Tugu untuk menjadi peserta Lomba Kampung Hebat 2019-2020. Salah satunya dengan melakukan aksi penanaman pohon di wilayah kampung.

Minggu (3/11), ratusan warga melakukan aksi kerja bakti dan penanaman pohon dengan menggandeng tim pengabdian masyarakat dari Udinus. Puluhan bibit pohon buah, seperti mangga, sirsat, jambu, dan lima pohon cendana serta bahan bibit pohon kelor. “Tahun ini kami ikut Kampung Hijau Bersih dan Sehat, kami ingin membuktikan meski kawasan tempat tinggal kami ada di dalam kawasan industri, namun tetap sejuk, hijau, bersih dan sehat,” kata Ketua RW III Kelurahan Randugarut, Rudi.

Menurut Rudi, Lomba Kampung Hebat sukses membuat warga antusias dan semakin guyub dalam segala hal. Tahun lalu, RW III sendiri berhasil menyabet juara III dalam kategori tim PKK terbaik. “Dulu kami bisa juara, karena kami kompak sampai di tingkat RT. Kategori baru ini, kami pilih karena kami merasa tertantang,” tegasnya.

Sementara itu, Lurah Randugarut Hendri Suprihadi berharap agar semua usaha yang dilakukan warganya bisa membuahkan hasil. Meski tahun lalu telah masuk dalam tiga besar, ia berpesan kepada warganya tidak boleh jumawa. “Kita harus bekerja lebih keras, karena persaingan pasti akan berat. Warga RW ini memang guyub dan rasa gotong royongnya tinggi,” paparnya.

Hendri menjelaskan, untuk langkah penghijauan, pihaknya mengusahakan menggandeng lembaga lain. Misalnya kalangan akademisi dan perusahaan yang ada di sekitar perumahan untuk melakukan kegiatan CSR berupa menyumbang bibit pohon. “Kali ini ada sumbangan dari Udinus, kami sangat berterima kasih. Warga pun menyambutnya dengan antusias yakni melakukan kerjabakti bersama, budaya gotong royong dan rasa kebersamaan antarwarga di RW ini memang sangat tinggi,” jelasnya. (den/ton)