Siapkan Rp 766 Miliar Rehab Jalan

293
Hanung Triyono. (IDA NOR LAYLA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Hanung Triyono. (IDA NOR LAYLA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK) Jawa Tengah menyiapkan Rp 766 miliar untuk perbaikan jalan. Anggaran ini akan digunakan untuk perbaikan sisa 740.297 km jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Jateng hingga akhir tahun ini.

Kepala Dinas DPUBMCK Jateng, Hanung Triyono mengatakan bahwa perbaikan akan dilakukan secara bertahap. Sejauh ini, ia katakan, pihaknya sudah melakukan peningkatan dan rehabilitasi 1.664.844 km jalan dari total keseluruhan 2.404.741 km jalan. ”Targetnya hingga akhir tahun ini kondisi jalan baik di Jateng bisa mencapai 90,20 persen,” ujarnya.

Hanung menerangkan, kondisi jalan baik di Jateng memang terus mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir. Pada tahun 2014, jalan dengan kondisi baik mencapai 86,92 persen. Meningkat menjadi 89,60 persen pada tahun 2019.

Untuk memuluskan target ini, pihaknya melakukan respon cepat berdasarkan laporan masyarakat melalui kanal laporan online maupun aplikasi DPUBMCK bernama Jalan Cantik. Laporan dari masyarakat ini akan ditindaklanjuti dalam waktu 1×24 jam.

”Itu untuk jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Jateng. Sementara itu, banyak juga yang masuk adalah laporan kerusakan jalan kabupaten/kota atau desa. Tapi ini tetap kami teruskan kepada yang berwenang karena ada grupnya juga,” ujarnya menjelaskan.

”Sehingga dapat tertangani dengan secepat mungkin,” ujarnya menambahkan.

Dalam pelaksanaannya, DPUBMCK Jateng juga melibatkan masyarakat untuk melakukan perbaikan. Mereka disebut dengan Masyarakat Bina Marga atau disingkat Mas Bima yang bekerja secara kelompok di masing-masing Bidang Pelaksana Jalan (BPJ) di Jateng, jumlahnya ada 9.

”Mereka adalah masyarakat miskin dan digaji sesuai Upah Minimum Regional. Ini cukup efektif karena kesiapan sumber daya, material dan alat sudah kita lelangkan. Sehingga semuanya siap,” ujarnya. (sga/ida)