Unimus Cetak Kader, Majukan Bangsa

301
WISUDA UNIMUS : Rektor Unimus Prof Dr H Masrukhi M.Pd mengalungkan samir dalam wisuda Unimus di gedung Serbaguna Unimus, kemarin (23/10). (ISTIMEWA)
WISUDA UNIMUS : Rektor Unimus Prof Dr H Masrukhi M.Pd mengalungkan samir dalam wisuda Unimus di gedung Serbaguna Unimus, kemarin (23/10). (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) dari tahun ke tahun terus mengembangkan akreditasi menuju A. Yakni sebagai university for the excellence, sehingga memacu pencapaian prestasi pada berbagai bidang melalui catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah.

“Melalui delapan fakultas, bisa mencapai prestasi berbagai bidang,” kata Rektor Unimus Prof Dr H Masrukhi M.Pd saat mewisuda 1172 di gedung serbaguna Unimus, kemarin (23/10).

Ditambahkan oleh Masrukhi, untuk meningkatkan kualitas lulusan yang unggul, saat ini Unimus sedang mengembangkan beberapa fasilitas pendukung, di antaranya laboratorium hewan coba, gedung Fakultas Teknik dan MIPA serta telah menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unimus, Gedung Serba Guna (GSG), gedung Fakultas Kedokteran, gedung kuliah bersama dan pondok Tahfidzul Quran.

“Di usia yang kedua puluh tahun, Unimus sedang mengembangkan jaringan kerjasama dengan sejumlah instansi dan Perguruan Tinggi di luar negeri. Bentuk kerjasama yang dirintis meliputi program Dual Degree, program fast track, pertukaran dosen dan mahasiswa serta kerjasama dalam tri darma perguruan tinggi,” tambahnya.

Pengembangan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi, tambahnya, merupakan sebuah keniscayaan, mengingat ke depan persaingan kualitas lulusan semakin ketat. Persaingan antarlulusan perguruan tinggi tidak hanya terjadi pada tataran nasional, melainkan secara internasional.

Saat ini Unimus telah berhasil menempatkan para lulusan di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain mengabdi pada bangsa dan negara tercinta, lulusan Unimus telah berkiprah di luar negeri, seperti negara-negara Timur Tengah (Arab Saudi, Oman, Kuwait, Qatar, United Emirat Arab), Malaysia, Brunai, Thailand, Taiwan, Jepang, Belanda dan Amerika.

“Unimus mengemban tugas-tugas persyarikatan dalam mencetak kader Muhammadiyah yang sekaligus sebagai kader untuk memajukan kehidupan bangsa. Kader yang dapat tampil sebagai pemimpin, uswah hasanah dan pemberi pencerahan bagi umat dan bangsa,” jelasnya. (hid/ida)