Bergotong Royong Membangun Kampung Hebat

358
SIAP IKUT : Warga RW 7 Kelurahan Rejosari Kecamatan Semarang Timur menggelar rapat untuk persiapan mengikuti Lomba Kampung Hebat 2019-2020 kategori Kampung Bersih, Hijau dan Sehat. (IST)
SIAP IKUT : Warga RW 7 Kelurahan Rejosari Kecamatan Semarang Timur menggelar rapat untuk persiapan mengikuti Lomba Kampung Hebat 2019-2020 kategori Kampung Bersih, Hijau dan Sehat. (IST)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG — Perhelatan Lomba Kampung Hebat 2019-2020 akan menjadi kegiatan warga Kota Semarang yang mengedepankan semangat gotong royong. Warga akan bersama-sama merancang program untuk membangun kampungnya masing-masing.

Panitia Lomba Kampung Hebat 2019-2020 Sugiyanto Wiyono mengatakan, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dalam berbagai kesempatan selalu menyampaikan perlunya penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, dan swadaya gotong-royong masyarakat di tingkat kelurahan, dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Maka, untuk menilai keberhasilan pembangunan di tingkat kelurahan, perlu dilakukan perlombaan antarkelurahan secara terarah, terkoordinasi, terpadu, dan berkelanjutan.

“Ini penting untuk melihat keterlibatan warga masyarakat untuk turut serta memajukan kampungnya masing-masing, yang bersinergi dengan aparatur di tingkat kelurahan,” tutur Manajer Iklan Jawa Pos Radar Semarang ini.

Untuk semakin menggairahkan program ini juga akan digelar kegiatan roadshow Lomba Kampung Hebat di sejumlah kelurahan yang ditentukan oleh panitia. Roadshow tersebut akan dilakukan sebulan sekali mulai November 2019 hingga April 2020. Roadshow ini juga sebagai ajang berkumpul untuk meningkatkan keguyupan warga.

Warga di berbagai kelurahan juga telah mempersiapkan diri untuk berkompetisi dalam ajang lomba antarkampung yang digelar Jawa Pos Radar Semarang dan Pemkot Semarang ini. Contohnya warga RW 7 Kelurahan Rejosari Kecamatan Semarang Timur.

Lurah Rejosari Rahayuningsih menjelaskan, warga menyambut baik digelarnya Lomba Kampung Hebat. Warga RW 7 telah menggelar rapat untuk merencanakan kegiatan dalam menyukseskan Lomba Kampung Hebat. “Warga sepakat untuk ikut lomba dengan kategori Kampung Bersih, Hijau dan Sehat,” jelasnya.

Pendaftaran peserta akan dibuka hingga 28 Oktober 2019. Penjurian tahap pertama akan dilakukan pada 2 Januari hingga 15 Februari 2020 untuk mendapatkan 36 wakil dari 4 kategori yang maju ke tahap selanjutnya. Penjurian tahap kedua rencananya akan dilaksanakan pada 16 Maret sampai 10 April 2020. Dan pengumuman pemenang akan dilakukan saat peringatan HUT ke-473 Kota Semarang pada 2 Mei 2020. “Selama masa pelaksanaan Lomba Kampung Hebat, kegiatan para peserta akan diberitakan di Jawa Pos Radar Semarang secara bergantian,” kata Sugiyanto. (ton)