alexametrics


Pacu Ekonomi Kreatif di Kalangan Mahasiswa

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-(lakukan apa yang kamu sukai dan cintai apa yang kamu lakukan). Kalimat yang dilontarkan Dr Tirta, seorang dokter umum sekaligus CEO Shoes and Care dan CMO Tukutu.Id itu, menjadi motivasi ratusan mahasiswa yang hadir dalam seminar nasional bidang kewirausahaan di auditorium  lantai III Fisip Undip Selasa (15/10) kemarin.

Seminar tersebut digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip Semarang dan dihadiri mahasiswa dari berbagai fakultas.

Seminar ini menghadirkan tiga pembicara yaitu Reviansyah Ramadhan dari Senior Associate C.O Tokopedia dan Rofiul Bahri sebagai owner @Batikaurora dan @Bajukantor.id. Kedua pembicara ini merupakan alumni dari Ilmu Pemerintahan, FISIP, Undip yang sukses  berkarir dibidang ekonomi digital. “Kita sebagai anak Ilmu Pemerintahan tidak dibatasi hanya bisa bekerja dalam lingkup pemerintahan. Kita juga bisa berkarir dalam bidang kewirausahaan,” ujar Reviansyah.

Sementara dr.Tirta, membahas konsep creativepreneurship. Dokter umum berambut hijau ini berbagi kepada peserta seminar pengalaman yang ia alami selama kuliah dan bagaimana ia memulai usahanya. “Buat anak muda yang ingin memulai usaha jangan hanya melihat sisi sukses dari seseorang atau yang dijadikan panutan. Lihat proses yang harus dijalani,” ungkap dokter umum itu.

Dr Tirta tidak hanya membagikan ilmu berkarir dalam bidang creativepreneurship, tetapi Ia juga memberikan motivasi dan contoh lewat kisah hidupnya. “Jangan sombong kalau tidak memiliki prestasi. Boleh bangga dengan diri sendiri ketika kita memiliki prestasi. Contoh nggak usah bangga kalau masih bayarin pacar pakai duit orang tua, tapi kalau duitnya hasil kerja sendiri baru lu boleh bangga. Mending miskin tapi bersyukur,” katanya.

Ia juga menjelaskan bagaimana anak muda zaman sekarang ini terbawa oleh tren yang ada. Dicontohkan, seperti orang yang rela keluar dari pekerjaan karena tidak sesuai dengan passion yang dimiliki. “Orang harus mulai bersyukur terhadap pekerjaan yang mereka miliki,” tandasnya.

Ketua Acara Entrepreneur Class (EC) Progress 2019, Anggita Sekar Hayuningtyas mengatakan, seminar yang dilaksanakan dengan tema kewirausahaan di era ekonomi digital ini berhasil menarik perhatian mahasiswa dari banyak jurusan.  (mg5/mg9/zal)

Terbaru

Populer

Lainnya