Latih Guide Pasarkan Wisata

229

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng terus memberikan pelatihan kepada sumber daya manusia (SDM) di Jateng. Terutama yang bergerak di bidang pariwisata. Ini dilakukan agar mereka turut serta memasarkan potensi wisata di Jateng.

Sekretaris Disporapar Jateng, Sulistyo mengatakan bahwa ini penting untuk menarik lebih banyak wisatawan ke Jateng. ”Seperti di luar negeri. Misal mau ke tujuan tertentu, guide harus bisa mengarahkan lewat rute-rute yang sekaligus bisa memperkenalkan wisata di Jawa Tengah kepada mereka,” ujarnya.

Dengan demikian, para guide selain mengantarkan turis menuju tempat tujuan juga sekaligus turut serta memasarkan wisata-wisata di Jateng. ”Ini kami berikan pelatihan kepada mereka. SDM kita latih. Termasuk Pokdarwis juga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan Pasar Disporapar Jateng, Tanti Apriani mengatakan bahwa saat ini daya tarik utama Jateng memang masih ada pada wisata alam. Potensi ini pula yang akan dimanfaatkan untuk menarik negara-neraga lain yang tidak memiliki alam hijau. ”Kami tarik mereka. Untuk datang ke Dieng misalnya. Di sana aksesibilitasnya juga sudah mulai bagus,” ujar Tanti.

Dikatakan, pemerintah terus menggarap dan mengembangkan daya tarik wisata alam ini. Dikombinasikan dengan olahraga. ”Pengembangan sport-tourism. Sesuai dengan rencana induk pengembangan pariwisata Jateng,” ujarnya. (sga/ida)