DJP Gandeng Agen Laku Pandai

222
BAYAR PAJAK MUDAH : Kegiatan piloting Agen Laku Pandai BRILink di Gumaya Hotel Semarang, kemarin.(ISTIMEWA)
BAYAR PAJAK MUDAH : Kegiatan piloting Agen Laku Pandai BRILink di Gumaya Hotel Semarang, kemarin.(ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bekerja sama dengan perbankan, yakni BRI, Bank Mandiri dan BNI dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pembayaran atau penyetoran pajak. Adanya kerjasama ini, masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak melalui Agen Laku Pandai.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I, Suparno, Kamis (3/10) mengatakan bahwa pilot project pembayaran pajak melalui Agen Laku Pandai ini berlaku mulai Oktober 2019-Maret 2020. Pembayaran melalui Agen Laku Pandai bertujuan untuk memperluas cakupan layanan pembayaran pajak dan menjangkau daerah terpencil, memberikan kemudahan, kelonggaran waktu, dan mendukung keamanan bertransaksi nonkas.

“Melalui kerjasama ini diharapkan Wajib Pajak mendapatkan kemudahan dalam melakukan pembayaran ataupun penyetoran pajak. Hal ini diharapkan dapat berimbas pada meningkatnya jumlah Wajib Pajak yang melakukan pembayaran pajak,” kata Suparno, dalam kegiatan piloting Agen Laku Pandai BRILink di Gumaya Hotel Semarang, kemarin.

Dikatakan, Agen Laku Pandai dapat melayani pembayaran pajak untuk seluruh jenis pajak sepanjang pembayar pajak telah memiliki Kode Billing. Salah satu keunggulan layanan pembayaran pajak melalui Agen Laku Pandai adalah penyediaan fitur auto-create Kode Billing yang memudahkan pembayar pajak dapat melakukan penyetoran tanpa perlu membuat Kode Billing terlebih dalulu.

Menurutnya ada tujuh jenis pajak yang Iangsung dapat dilakukan pembayaran melalui fitur auto-create Kode Billing ini, yaitu PPh Pasal 21 Masa, PPh Pasal 22 Masa, PPh Pasal 23 Masa, PPh Pasal 25 Orang Pribadi, PPh Pasal 25 Badan, PPh Final Bruto Tertentu, dan PPN Dalam Negeri Masa. Pada tahap awal, di wilayah Kanwil DJP Jateng terdapat 20 Agen Laku Pandai BRILink yang ditunjuk sebagai pilot project Agen Laku Pandai yang dapat melayani pembayaran atau penyetoran pajak.

Sementara itu, Executive Vice President PT BRI (Persero) Tbk, Erizal bersyukur ditunjuk sebagai mitra dalam kegiatan piloting kemudahan pembayaran pajak tersebut. BRI memiliki dua kantor cabang yakni Semarang dan Jogjakarta yang sudah siap memberikan kemudahan pembayaran melalui BRILink tersebut. “Kami siap mensukseskan kegiatan piloting penerimaan pajak melalui agen BRLink ini. Di Indonesia ada 450.000 agen BRILink yang memberikan kemudahan pembayaran pajak,” tambaknya. (tya/ida)