Capstone Design Tingkatkan Kualitas Mahasiswa

Udinus Gandeng ITB

935
JALIN KERJASAMA : Pogram Studi Teknik Elektro FT Udinus berkolaborasi bersama Teknik Elektro ITB meningkatkan kualitas pengajaran terhadap mahasiswa di Gedung B, Senin (30/9).(Maria Novena/RADARSEMARANG.ID)
JALIN KERJASAMA : Pogram Studi Teknik Elektro FT Udinus berkolaborasi bersama Teknik Elektro ITB meningkatkan kualitas pengajaran terhadap mahasiswa di Gedung B, Senin (30/9).(Maria Novena/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Program studi (Prodi) Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menggandeng program studi Teknik Elektro Institut Tinggi Bogor (ITB) untuk membahas Capstone Design. Hal itu dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran terhadap mahasiswa.

Ketua Program Studi Teknik Elektro Udinus, M Ary Heryanto mengatakan bahwa capstone design berarti mahasiswa harus bisa menyelesaikan masalah dari desain awal hingga implementasi dalam sebuah pameran tugas akhir.

“Untuk meningkatkan kualitas mahasiswa Udinus, khususnya teknik elektro, mahasiswa dituntut bekerja bersama tim. Sehingga soft skill atau jiwa kepemimpinannya dapat terasah,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (30/9).

Capstone design ini dibutuhkan dalam sistem pengajaran berkualitas dan efektif dari tim dosen, agar mahasiswa tidak hanya lulus tepat waktu, tapi juga dapat dilirik langsung oleh perusahaan.

“Adanya kerjasama tersebut untuk menyamakan standarisasi. Biasanya satu judul tugas akhir dikerjakan satu orang. Dengan capstone design, mahasiswa dapat mengerjakan tugas akhir dalam kelompok dengan pantauan dosen pembimbing,” timpal Arif Sasongko dari ITB.

Arif juga membagikan keberhasilan capstone design yang sudah diterapkan 9 tahun di ITB. Ia berharap, ke depannya Teknik Elektro Udinus dapat mengadopsinya dengan maksimal kurikulum capstone design ini bersama Teknik Elektro ITB.

“Tentu tidak bisa sama persis penerapannya seperti yang ada di ITB. Namun hal yang paling penting adalah menyamakan presepsi capstone design. Melalui kurikulum ini, hasil rancangannya akan lebih baik,” pungkasnya. (ria/ida)