Fokus Kembangkan Batik Custom

306
BATIK EKSKLUSIF : Irma Susanti menunjukkan batik motif merah putih yang hanya dibuat satu motif untuk satu produk.(IST)
BATIK EKSKLUSIF : Irma Susanti menunjukkan batik motif merah putih yang hanya dibuat satu motif untuk satu produk.(IST)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Perkembangan batik di Indonesia saat ini sangat pesat. Batik yang dulu dianggap sebagai pakaian yang kuno, kini menjelma sebagai busana yang digemari berbagai kalangan dan digunakan di segala acara resmi ataupun tidak resmi.

CEO PT Identix Pratama Indonesia Irma Susanti merupakan salah satu pelestrasi budaya berbatik di Semarang. Melalui busana-busana inovatif, Irma menghadirkan batik modern yang tidak biasa. Ia mampu menghadirkan desain yang memiliki karakter keindonesiaan, karena motif-motif batiknya terinspirasi keindahan alam nusantara.

“Misalnya adalah motif wayang, motif naga, serta motif kedaerahan lainnya yang bisa dipesan secara custom. Motif ini dikombinasikan dengan pakem batik yang selama ini ada,” kata Irma.

Salah satu keunggulan batik Identix yang terletak di Jalan Semeru Raya ruko No 1A, Gajahmungkur, Kota Semarang ini adalah memililki desain atau motif limited atau terbatas sehingga memberikan kesan eksklusif bagi para pemakainya. Agustus lalu, bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, Irma juga membuat batik edisi merah putih serta motif khusus yakni burung garuda, Pancasila, dengan teknis tulis di atas kain warna merah dan putih.

“Untuk motif, Identix hanya mengeluarkan satu motif saja sehingga terkesan eksklusif sehingga soul dari pemakai akan lebih kuat. Batik tulis saya pilih karena dalam satu kali pembuatannya tak akan bisa diulang kembali, itulah kuatnya karakter batik tulis dibanding batik cap,” terangnya.

Berkat usahanya melestarikan batik, belum lama ini Irma diganjar penghargaan Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2019 untuk kategori ‘Woman Preserving Batik Traditiom Through Innovative Clothing’. “Penghargaan ini tidak membuat saya jumawa, namun malah lebih terpacu menciptakan karya dan inovasi dari batik Indonesia. Tujuannya agar batik Indonesia ini bisa mendunia,” jelasnya. (den/ton)