Petani Harus Bisa Mandiri dan Kreatif

227

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Inovasi pertanian dapat membantu meningkatkan kehidupan masyarakat pedesaan dengan membuktikan peluang baru untuk pembangunan. Inovasi pertanian diperlukan untuk melihat kegiatan dan fungsi pembangunan untuk menciptakan lebih banyak peluang kerja di bidang pertanian.

Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Bambang Waluyo mengatakan, dalam rangka mendorong inovasi pertanian, pendekatan multidimensi untuk pembangunan pedesaan diharapkan mewujudkan sinergi antara sumber daya manusia dan sumber daya alam. ”Inovasi pertanian yang ditawarkan harus berdasarkan azas kemanfaatan dan sesuai kebutuhan petani. Petani didorong untuk mandiri, kreatif dan mampu menyelesaikan masalah pertanian sedangkan stakeholder luar hanya sebagai fasilitator,” tuturnya dalam seminar internasional bertema “Agricultural Innovation For Sustainable Farming System” di Hotel Grand Candi, belum lama ini.

Ketua Panitia Siwi Gayatri menjelaskan, seminar kali ini diikuti 120 peserta dari berbagai institusi pedidikan tinggi dan lembaga penelitian seluruh Indonesia. Selain itu juga dihadiri keynote speaker dari Jepang, Philippines, Thailand dan Indonesia. (ton)