KPU Intensifkan Komunikasi

116
EVALUASI : Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amran ketika berbicara dalam FGD yang diadakan di Hotel Atria kemarin (27/8). Fitriya Ningrum/Radarsemarang.id)
EVALUASI : Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amran ketika berbicara dalam FGD yang diadakan di Hotel Atria kemarin (27/8). Fitriya Ningrum/Radarsemarang.id)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Mendekati gelaran pilkada serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah terus mengintensifkan komunikasi dengan KPU di 21 kabupaten/kota. Koordinasi dilakukan agar KPU kabupaten/kota segera membahas penganggaran dengan pemerintah daerah masing-masing.

”Utamanya untuk mengkoordinasikan persiapan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan pemerintah kabupaten/kote setempat,” ujar ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat Senin (2/9)

Ia mengatakan, dalam hal ini pihaknya hanya bersifat mengkoordinasi jajaran KPU di 21 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada serentak tahun 2020. Selain dengan KPU kabupaten/kota, pihaknya juga terus mengintensifkan komunikasi dengan pemerintah provinsi Jawa Tengah agar membantu menggerakkan kabupaten/kota mensukseskan gelaran pilkada serentak.

”Kami harapkan semuanya bisa berjalan sesuai jadwal. Dan tentu kami harap pilkada serentak tahun 2020 nanti berjalan sukses,” ujarnya.

Komisioner KPU Jateng Putnawati mengatakan, sesuai aturan pilkada serentak 2020, masing-masing KPU kabupaten/kota dan pemda setempat harus sudah melakukan penandatanganan NPHD pada 1 Oktober.

Mengenai jumlah, ia katakan, berbeda untuk masing-masing daerah. Untuk daerah dengan jumlah pemilih tinggi tentu usulan anggarannya juga tinggi. Beberapa daerah dengan jumlah pemilih tinggi diantaranya ada Kebumen dan Pemalang.

Setelah proses kesepakatan NPHD selesai ditandatangani nanti, KPU akan memulai tahapan sosialisasi dan pemutakhiran data pemilih. Termasuk, soal pendistribusian logistik pilkada. ”Kami dari KPU Jawa Tengah, tugasnya hanya melakukan monitoring saja kepada KPU kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada,” jelasnya. (sga/zal)