Sinergi Guru dan Orang Tua, Luncurkan Program GOJEK

132
GERAK BERSAMA: Seluruh siswa, guru, kepala sekolah hingga orang tua SMA Negeri 14 Semarang menggalakkan program GOJEK.(Maria Novena/RADARSEMARANG.ID)
GERAK BERSAMA: Seluruh siswa, guru, kepala sekolah hingga orang tua SMA Negeri 14 Semarang menggalakkan program GOJEK.(Maria Novena/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Menjalankan program yang disampaikan Gubernur Jateng, SMA Negeri 14 Semarang membuat kerja sama dengan orang tua siswa. Sebagai Sekolah Adiwiyata, pihaknya mengeluarkan program baru, yakni GOJEK atau Guru dan Orang tua Jenius, Excellent, Kreatif. Program ini guna meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan.

Koordinator Sekolah Adiwiata SMAN 14 Semarang Suspeni mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk melibatkan orang tua siswa dalam menjaga lingkungan sekolah. Keterlibatan orang tua dirasa sekolah sangat penting.

“Kami mengadakan tanda tangan MoU untuk program GOJEK. Kami ingin melibatkan orang tua untuk memperkuat kegiatan kami, disamping sekolah ini menjadi perwakilan Sekolah Adiwiyata Semarang,”jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang usai upacara bendera, Senin (26/8).

Pihak sekolah mengupayakan orang tua membantu dalam pengolahan limbah plastik. Dikatakannya, limbah plastik tentu masih bisa diolah kembali, sehingga bisa membantu perekonomian orang tua siswa.

“Dari siswa sudah memilah sampah, dan kemudian kami meminta bantuan dari orang tua yang memiliki bank sampah atau pengolahan plastik untuk bisa dijualkan kembali. Kemarin ada salah sartu orang tua siswa yang mengolahnya menjadi barang yang bisa kami gunakan kembali untuk mengajar, seperti alat ukur pohon,”ceritanya.

Salah satu orang tua siswa yang hadir, Welas Asih,mendukung program tersebut. Ia menilai sekolah mengajarkan anaknya lebih bertanggung jawab. “Menarik, anak bisa lebih bertanggung jawab untuk lingkungan sekolah. Dari situ, kebiasaan baik akan dibawa sampai rumah,”katanya.(ria/aro)