Belajar Jadi Diplomat dan Juru Bicara

459
AKRAB: Peserta Diplofest di kota sebelumnya saat berdiskusi secara akrab dengan Menlu. (Istimewa)
AKRAB: Peserta Diplofest di kota sebelumnya saat berdiskusi secara akrab dengan Menlu. (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kegiatan Diplomacy Festival (Festival Diplomasi) atau Diplofest yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu RI) di Kota Semarang, 29-30 Agustus 2019, mengajak pelajar dan mahasiswa belajar menjadi diplomat ataupun juru bicara. Acara yang dipusatkan di Lapangan Simpang Lima ini menarik diikuti karena dikemas atraktif dan menyenangkan.

Pelajar dan mahasiswa dapat terlibat aktif menyelami diplomasi Indonesia secara langsung. Mereka dapat ikut merasakan menjadi wakil Indonesia membahas isu perdamaian dunia dalam simulasi sidang Dewan Keamanan PBB. Bernegosiasi dengan negara lain dalam simulasi sidang bilateral, mendapat tips dan trik untuk berbicara di depan umum (public speaking).

Peserta juga berkesempatan menjadi juru bicara, memahami tata cara penerimaan tamu negara, mendengarkan rekan-rekan Diplomat Indonesia menyampaikan pengalamannya bertugas di Perwakilan, simulasi TOEFL/IELTS, dan banyak lagi. Atau bisa belajar menjadi diplomat.

Untuk mengikuti #IniDiplomasi #Diplofest, dapat mendaftar melalui Instagram dan Twitter Kemlu RI di akun @Kemlu_RI. Rangkaian kegiatan Diplofest meliputi Public Lecture dan Festival Diplomasi. Acara juga akan dimeriahkan panggung hiburan artis ibukota.

Kegiatan Public Lecture menjadi sarana diskusi langsung dengan pelaku diplomasi Indonesia. Public Lecture atau talk show bersama para pejabat Kemlu akan diselenggarakan 29 Agustus 2019 di enam perguruan tinggi. Yakni, Universitas Wahid Hasyim, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Katolik Soegijapranata, dan Universitas Kristen Satya Wacana. Sedangkan Public Lecture dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dijadwalkan pada 30 Agustus 2019 pukul 09.00 – 11.00 di Auditorium Prof Soedarto, Universitas Diponegoro, Tembalang.

Kegiatan Festival Diplomasi diselenggarakan 30 Agustus 2019 mulai pukul 10.00 pagi di Simpang Lima Semarang. Menghadirkan area EduFairs, di mana pelajar dan mahasiswa dapat mengunjungi berbagai booth (stan) dari berbagai program beasiswa. Termasuk LPDP dan beasiswa dari Jepang, Korea, Australia dan Inggris, hingga lowongan kerja di Organisasi Internasional seperti PBB.

Berbagai universitas di Semarang juga bergabung, memperkenalkan jurusan yang terkait dengan Kementerian Luar Negeri. Di area ini, para pelajar dapat langsung berdiskusi dalam talk show dengan diplomat Indonesia dan negara sahabat.  (fiq/bis)