Truk Molen Terguling, Sopir Terjepit Satu Jam

399
BIKIN MACET: Truk molen yang terguling di Jalan Prof Soedarto, Tembalang.(ADITYO DWI/RADARSEMARANG.ID)
BIKIN MACET: Truk molen yang terguling di Jalan Prof Soedarto, Tembalang.(ADITYO DWI/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID SEMARANG – Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Prof Soedarto, Tembalang, Jumat (9/8) sekitar pukul 05.00. Truk molen bernopol B 9345 STN hilang kendali hingga terguling. Tidak ada korban dalam kejadian itu.  Namun pengemudi truk, Sukilan Abdul Ghoni, 50, warga Mranggen, Demak, terjepit di kabin selama kurang lebih satu jam.

Truk tersebut terguling setelah keluar dari pintu tol, persisnya di depan minimarket yang jaraknya tidak jauh dari jembatan tol. Truk terguling ke kanan hingga mengalami ringsek bagian depan dan kacanya pecah. Selain itu, muatan semen di dalam molen tumpah berceceran di jalan.

“Saya lihat tadi truk molen itu keluar tol dari utara, mau menuju ke arah kampus Undip. Tapi bablas menabrak media jalan hingga kemudian terguling sampai depan minimarket,” ungkap Sudibyo, saksi mata di lokasi kejadian, Jumat (9/8).

Akibat dari kejadian ini, arus lalulintas di lokasi jalan tersebut mengalami ketersendatan. Pihak kepolisian yang mendapat laporan dari masyarakat langsung menuju lokasi kejadian untuk mengamankan dan mengatur arus lalulintas.

Pihak Basarnas yang mendapat laporan kejadian ini juga langsung turun ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi, karena sopir truk masih terjepit di dalam kabin.

Menurut salah satu anggota Basarnas Jateng, sopir tersebut berhasil diselamatkan setelah pihaknya bersama tim melakukan upaya penyelamatan kurang lebih selama satu jam.

“Tergulingnya itu ke arah sopir, ke kanan. Kaki keduanya terjepit dan perutnya tertekan bagian kemudi. Evakuasi kita menggunakan alat pemotong,” kata komandan regu ini.

Diakui, dalam melakukan evakuasi terkendala truk tersebut bermuatan berat. Namun demikian, pihaknya bersama tim terus berupaya melakukan pertolongan dengan cara humanis dan akhirnya berhasil diselamatkan.

“Korban masih sadar kita ajak komunikasi pelan-pelan sambil kita tanyai, sehingga kita bisa mengira-ngira sakit atau tidak. Kurang lebih satu jam selesai dievakuasi,” ujarnya.

Kanit Lakalantas Polrestabes Semarang AKP Sugito yang berada di lokasi kejadian mengatakan, truk tersebut awalnya melaju dari exit tol Tembalang menuju Jalan Prof Soedarto. Kemudian truk tersebut mengalami kecelakaan yang diduga pengemudi kurang fokus.

“Diduga pengemudi truk tidak bisa mengendalikan laju kendaraan, sehingga berjalan lurus menabrak median tengah jalan. Kemudian truk terguling ke kanan,” katanya.

Tidak adanya korban jiwa dalam insiden ini. Sopir truk yang terjepit di dalam kabin berhasil diselamatkan petugas Basarnas. Ia langsung membawa sopir truk molen ke rumah sakit KRMT Wongsonegoro. “Korban jiwa tidak ada, hanya luka saja. Penyebabnya masih penyelidikan. Sopir truk belum bisa dimintai keterangan, masih dirawat,” ujarnya. (mha/aro)