Siapkan Generasi Sehat dan Berkarakter

265
KOMPETISI : Lomba Dokter kecil tingkat Kota Semarang diadakan di Atrium SIM Square SMC RS Telogorejo Semarang.(Maria Novena/RADARSEMARANG.ID)
KOMPETISI : Lomba Dokter kecil tingkat Kota Semarang diadakan di Atrium SIM Square SMC RS Telogorejo Semarang.(Maria Novena/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Sejak pukul 08.00 pagi para pelajar kelas 5 hingga 6 SD sudah memenuhi Atrium SIM Square SMC RS Telogorejo Semarang. Mereka duduk berkelompok, satu kelompok diisi oleh dua pelajar. Mereka mewakili sekolah untuk mengikuti tes tertulis dalam rangkaian Dokter Kecil Awards. Dalam waktu 90 menit harus menyelesaikan 90 soal yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang, bertema kesehatan dan dokter cilik.

Sebanyak 600 siswa dari 300 SD se-Kota Semarang berkompetisi menjadi dokter kecil. Hal ini bagian dari persiapan para pelajar menghadapi Indonesia Emas pada 2045 mendatang.

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD Disdik Kota Semarang, Sapto Budi Utama mengatakan bahwa kompetisi tersebut mengajarkan implementasi kesehatan di lapangan. Mereka diajak mengenal rumah sakit, mengenal dokter, mengetahui bagaimana cara mengobati orang sakit, dan fasilitas apa saja yang ada di sekolah.

“Kami memberi wadah bagi mereka yang ingin menjadi dokter. Tahun ini kegiatan diikuti oleh 600 siswa dari 300 sekolah yang ada di Kota Semarang. Belum semuanya ikut, karena total SD di Semarang mencapai 500-an,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang di sela kegiatan, Rabu (7/8).

Setelah tes tertulis, pada 8-15 Agustus 2019 para peserta mengikuti hospital tour. Puncaknya 22 Agustus 2019, dari 600 pelajar dipilih 300 pelajar dan dipilih lagi menjadi enam pelajar dari tiga sekolah. “Enam siswa terpilih ini mengikuti tes tertulis dan praktik tentang semua hal yang telah mereka peroleh,” kata Direktur Pemasaran SMC RS Telogorejo, Gracia Rutyana Harianto. (ria/ida)