Pasar Apartemen Terus Tumbuh Positif

272
PROSPEKTIF : Apartemen Payon Amartha View Semarang yang lokasinya di lokasi strategis Ngaliyan Semarang diminati konsumen. (NUR CHAMIM/RADARSEMARANG.ID)
PROSPEKTIF : Apartemen Payon Amartha View Semarang yang lokasinya di lokasi strategis Ngaliyan Semarang diminati konsumen. (NUR CHAMIM/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Pasar apartemen di Kota Semarang, khususnya di wilayah Semarang bagian barat saat ini sedang di atas angin atau mengalami pertumbuhan yang positif. Payon Amartha View Semarang misalnya, dari 800 unit kamar yang ditawarkan, 80 persennya sudah laku terjual.

Projects Director PT PP Properti yang menaungi Payon Amartha View, Siswady Jamaluddin menerangkan bahwa Semarang Barat dan sekitarnya memiliki potensi yang besar untuk bisnis properti, salah satunya apartemen. Kawasan ini sangat strategis, dekat dengan bandara, jalan tol, dan pusat kota.

“Potensi lainnya adalah banyaknya kawasan industri, seperti di Bukit Semarang Baru (BSB), Kawasan Industri Candi, dan Kawasan Industri Wijaya Kusuma,” katanya di sela penyerahan unit di Payon Amartha View Apartement, Ngaliyan, kemarin.

Hunian vertikal alias apartemen, lanjut dia, sangatlah tinggi. Minat masyarakat terhadap hunian vertikal sejak dua tahun terakhir pun mengalami peningkatan. Bahkan dari tower pertama yang sudah dibangun dengan kapasitas 800 kamar, 80 persennya sudah terjual.

“Capaian ini melampaui target kami. Pembeli apartemen di tempat kami, mayoritas end user dan pekerja yang dekat dengan kawasan industri untuk ditempati sendiri,” paparnya.

Siswady menjelaskan jika lantai dasar atau area bisnis di tower I Payon Amartha juga telah sold out. Selain itu, dari tipe kamar atau ruangan yang paling banyak dibeli ada single room. Payon Amartha, lanjut dia, memiliki konsep yang berbeda dari apartemen lain yakni konsep resort. “Alokasi bangunan 40 persen. Sedangkan 60 persennya ruang publik dan ruang terbuka hijau,” tambahnya.

Untuk menggenjot penjualan di sisa unit di tower I, Siswady mengaku menggandeng pihak perbankan dengan memberikan berbagai kemudahan dan  promo kepemilikan apartemen. Salah satunya adalah cash back DP. “Untuk tower II, pembangunannya akan mulai dilakukan tahun depan,” pungkasnya.

Sementara itu, Pitono salah satu pembeli mengaku tertarik dengan apartemen tersebut karena konsep yang berbeda. Yakni konsep resort. “Kalau apartemen lain, istilahnya hanya buat numpang tidur. Nah ini punya pemandangan yang bagus dan udara yang masih sangat sejuk,” tambahnya. (den/ida)