Empat Desa Dinyatakan Ramah Lansia, Apa Saja?

78
MERIAH: Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha mencanangkan kawasan ramah lansia di Desa Lemah Ireng Kecamatan Bawen, Sabtu (23/11). (Maria Novena)

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN -Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Semarang menyiapkan empat desa menjadi kawasan yang ramah lanjut usia. Yakni Desa Kenteng Kecamatan Bandungan, Desa Timpik Kecamatan Susukan, Lemah Ireng Kecamatan Bawen dan Desa Gedong Kecamatan Banyubiru.

Ketua Komda Lansia yang juga Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan, empat desa tersebut dijadikan percontohan dan diharapkan bisa diikuti desa lainnya. “Program kawasan ramah lansia ini termasuk yang pertama di Jawa Tengah. Demikian pula dengan realisasi sekolah lansia menjadi salah satu pioner di sini. Kami melibatkan akademisi untuk melatih para lansia untuk menjadi pelatih bagi yang lainnya,” ungkapnya.

Pihaknya juga tengah menyiapkan guru untuk mengajar di masing-masing kecamatan. Kesejahteraan lansia menjadi faktor utama adanya program tersebut. “Pastinya terutama kesehatan dan lingkungan bersih. Nantinya selalu ada kegiatan semacam olahraga senam untuk warga lansia,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Komda Lansia Sri Sunariningsih Rismonowati mengatakan di sekolah nantinya akan diajarkan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan tenaga pengajar dari warga lansia juga. Pemkab Semarang juga telah merampungkan proses penyusunan peraturan daerah tentang perlindungan dan kesejahteraan warga Lansia. Dia berharap dengan regulasi ini program pembinaan warga lansia akan lebih intensif dan berkelanjutan. (ria/ton)