Karyawan Lupa Matikan Tunggu, Tempat Penyulingan Cengkeh Terbakar

125
LUDES: Kebakaran Tempat Penyulingan Minyak Cengkeh di Dusun Jlamprang, Desa Gemawang, Jambu Kab Semarang, Rabu (20/11) malam. (MARIA NOVENA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
LUDES: Kebakaran Tempat Penyulingan Minyak Cengkeh di Dusun Jlamprang, Desa Gemawang, Jambu Kab Semarang, Rabu (20/11) malam. (MARIA NOVENA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Diduga karena karyawan lalai matikan tungku. Tempat penyulingan minyak cengkeh di Jambu, Kabupaten Semarang habis terbakar.

Kasubbag Humas Polres Semarang Iptu Budi Supraptono mengatakan kejadian sekitar pukul 18.30 yang diketahui oleh salah satu warga sekitar Mahmudi, 23, warga Dusun Jlamprang, Desa Gemawang. Diceritakan Mahmudi melihat api di lokasi. “Menurut saksi yang juga warga sekitar melihat ada api di tempat penyulingan minyak cengkeh tersebut. Kebetulan rumah saksi ada di depan,” ungkapnya.

Budi melanjutkan, salah satu karyawan setelah selesai menyuling daun cengkeh menjadi minyak cengkeh selesai sekitar jam 17.00. Selanjutnya karyawan tersebut menurunkan daun cengkeh yang selesai di suling dari dandang itu pergi pulang. Tanpa mengecek ulang api sudah benar-benar mati atau belum. Sekejap seluruh bangunan yang terbuat dari kayu berukuran panjang 17 x 12 meter per segi habis terbakar.

“Saat melihat api semakin besar warga sekitar, relawan dan tim pemadam langsung memadamkan. Namun karena bahan yang ada di dalam semuanya mudah terbakar jadi api cepat berjalan. Murni karena kelalaian,” tambahnya.

Dari kejadian tersebut Tidak ada korban jiwa. Namun diperkirakan kerugian mencapai Rp 325 juta. (ria/bas)