Buka Bursa Kerja, Bupati Semarang: Disabilitas Harus Diberi Kesempatan

130
JOBFAIR: Bupati H Mundjirin meninjau stan perusahaan peserta job fair 2019 di Stekom Tengaran, kemarin. (MARIA NOVENA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
JOBFAIR: Bupati H Mundjirin meninjau stan perusahaan peserta job fair 2019 di Stekom Tengaran, kemarin. (MARIA NOVENA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Pengusaha di Kabupaten Semarang diminta memberikan kesempatan kerja bagi tenaga kerja penyandang disabilitas untuk bekerja di perusahaannya. Keberadaan mereka diharapkan dapat ditempatkan di unit produksi sesuai dengan kemampuan dan keahliannya.

Bupati Semarang Mundjirin mengatakan pengusaha yang ada di Kabupaten Semarang harus memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk bekerja di perusahaannya. Mereka harus mendapatkan tempat yang serupa dengan pekerja pada umumnya.

“Banyak tenaga kerja difabel yang masih produktif dan memiliki keahlian. Mereka perlu diberi kesempatan bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Beri kesempatan kerja sesuai kemampuannya,” ujar Bupati Semarang H Mundjirin saat membuka acara bursa kerja yang digelar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Semarang di aula Stekom, Tengaran, Rabu (20/11).

Menurutnya perusahaan yang memiliki lowongan pekerjaan formal memiliki kewajiban untuk mempekerjakan mereka sesuai Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Berdasarkan hasil evaluasi Sub Direktorat Penempatan Kerja Khusus Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, penempatan tenaga kerja difabel pada tahun 2019 dinilai baik.

“Harus ada penambahan kuota penerimaan disabilitas di dunia industri. Informasi adanya pembukaan untuk disabilitas juga saya rasa kurang. Harus lebih digencarkan. Sehingga semua orang tau,” tambahnya.

Kepala Disnaker Kabupaten Semarang Jarot Supriyoto menjelaskan pihaknya menggelar bursa kerja untuk mempercepat penempatan tenaga kerja produktif sesuai keahlian dan pendidikannya. Sekaligus sebagai langkah strategis menekan angka pengangguran. Bursa kerja Disnaker 2019 akan berlangsung selama dua hari 19 hingga 20 November 2019.

Sebanyak 30 perusahaan yang ada di Kabupaten Semarang menawarkan tidak kurang dari tiga ribu lowongan pekerjaan pada acara itu“Ajang ini juga dapat dimanfaatkan oleh perusahaan penyedia lapangan kerja untuk melakukan seleksi awal para pekerja,” timpalnya. (ria/bas)