Minat Baca Tinggi, Sarpras Minim

70
KAMPANYE LITERASI: Jamal Mirdad saat menghadiri kampanye gemar membaca di Ungaran. (ISTIMEWA)
KAMPANYE LITERASI: Jamal Mirdad saat menghadiri kampanye gemar membaca di Ungaran. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Minat baca masyarakat hingga saat ini sebenarnya terus ada bahkan cukup tinggi. Hal itu perlu dibarengi dengan penyediaan sarana prasarana (sarpras) perpustakaan yang memadai.

Hal itu dipaparkan anggota komisi X DPR RI Daerah Pemilihan Jateng 1 Jamal Mirdad saat menghadiri kampanye gemar membaca yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional RI di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Selasa (10/9) siang. “Sayang kalau minat baca masyarakat sudah ada namun tidak ada support (sarana prasarana) dari pemerintah,” ujar dia.

Meski tidak menyebut angka, penyanyi yang terkenal di era tahun 90-an ini mengatakan Pemerintah telah menggelontorkan dana yang besar untuk meningkatkan mutu perpustakaan di daerah. Namun dia tetap berharap pada tahun mendatang, Pemerintah tetap memprioritaskan bantuan sarana prasarana perpustakaan.“Saya tetap berharap (bantuan) perpustakaan ini terus berjalan dan dinomorsatukan. Bahkan sampai ke tingkat RT atau RW,” tegasnya.

Disinggung tentang bantuan buku cetak ditengah semaraknya era digital, pria bercambang kelahiran Kudus ini menilai masih tetap relevan. Sehingga tidak ada alasan bagi pemerintah untuk menghentikannya.

Kampanye Gemar Membaca yang digelar Perpustakaan Nasional RI itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang Gunawan Wibisono mewakili Bupati Semarang H Mundjirin. Di hadapan seratusan pelajar dan pegiat literasi yang hadir, Sekda menegaskan tantangan besar bagi semua pihak untuk menanamkan kegemaran membaca sejak usia dini. “Safari gemar membaca semacam ini menjadi hal penting untuk mempercepat upaya itu. Bahkan untuk mendorong literasi digital di era sekarang ini,” ujarnya.