Djarum Foundation Bebaskan 1.900 Penderita Katarak

Gelar OKG Di RS Sisma Medika Karanggede Boyolali

257

UNGARAN – Lebih dari 1.900 orang di 19 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) telah dibebaskan dari penyakit katarak. Kepedulian tersebut diwujudkan dalam kegiatan Operasi Katarak Gratis (OKG) yang dilaksanakan oleh Sumbangsih Sosial Djarum Foundation (SSDF) bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Jawa Tengah dan Perdami DIJ.

Kini, kepedulian terhadap penderita katarak terus dilanjutkan hingga penyelenggaraan yang ke-49. Kegiatan OKG kali ini, dilaksanakan pada 22–23 Oktober 2016, di Rumah Sakit (RS) Sisma Medika, Karanggede, Boyolali.

”Program OKG digelar sebagai upaya untuk terus mengurangi jumlah penderita katarak di Jawa Tengah, khususnya di daerah yang berhimpitan dengan wilayah Kabupaten Semarang bagian timur itu,” kata Program Manager Bakti Sosial Djarum Foundation, Budi Darmawan.

Menurutnya, kegiatan OKG yang telah menginjak tahun keenam penyelenggaraan, diharapkan bisa meringankan beban penderita katarak yang membutuhkan.

”Katarak masih menjadi penyebab kebutaan tertinggi di Indonesia maupun dunia. Harapan kami, melalui kegiatan Operasi Katarak Gratis, beban penderita katarak diringankan sekaligus membantu pemerintah dan Perdami dalam menurunkan jumlah penderita kebutaan akibat penyakit ini,” tutur Budi Darmawan, dalam rilis yang dikirimkan kemarin.

Menutur Budi Darmawan, dengan aksi sosial OKG tersebut, para pasien katarak bisa dapat kembali melihat dan beraktivitas ataupun bekerja. ”Djarum Foundation melalui program Sumbangsih Sosial memiliki tujuan untuk mendukung peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” jelasnya. (fiq/ida/ce1)