Unnes Masuk 175 Universitas Terbaik di Asia

180

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Kemajuan dari sisi akademik maupun non akademik di bawah kepemimpinan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Fathur Rokhman, terus belanjut. Kali ini Unnes, masuk dalam 200 besar peringkat universitas terbaik di Asia versi 4icu.

Dalam publikasi terbarunya, 4icu menempatkan Universitas Berwawasan Konservasi ini pada peringkat 175. Peringkat itu membuat Unnes berada di atas National Central University (Taiwan), Northeast Normal University (China), dan Ankara Üniversitesi (Turki). Dalam daftar ini tercatat hanya ada 15 perguruan tinggi Indonesia yang masuk.

“4icu adalah sebuah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yang kredibel, dalam pemeringkatan perguruan tinggi dalam skala global, region, maupun masing-masing negara,” kata Kepala UPT Humas Unnes, Muhammad Burhanuddin, kemarin.

Sebagai kriteria, lembaga ini menjadikan beberapa poin pokok sebagai dasar penilaian. Di antaranya adalah perguruan tinggi yang mendapat lisensi atau akreditasi dari organisasi penilai 4icu. Selain itu, perguruan tinggi yang dinilai memiliki program pendidikan mulai dari sarjana hingga pascasarjana, baik magister maupun doktoral.

“Ketiga, menyediakan pelatihan atau pengajaran yang menggunakan sistem pendidikan tradisional yang melibatkan interaksi langsung atau tatap muka dan tidak dilakukan dari jarak jauh,” tambahnya.

Terpisah, Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengungkapkan, pemeringkatan ini menjadi bukti pengakuan dunia internasional terhadap kualitas dan akan memberikan dampak besar bagi Unnes. “Salah satu dampaknya adalah mahasiswa dan alumni Unnes memiliki akses lebih luas di kancah internasional,” ucapnya. (den/ida)