Komitmen Lestarikan Lingkungan, Polda Jateng Tanam 12 Ribu Pohon

241
JAGA KESEIMBANGAN: Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel (tengah) dan FX Supanji (kanan) menanam pohon di Mapolda Jateng. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)
JAGA KESEIMBANGAN: Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel (tengah) dan FX Supanji (kanan) menanam pohon di Mapolda Jateng. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah secara serentak menanam pohon di seluruh markas kepolisian. Ada 12 ribu bibit pohon yang ditanam. Secara simbolis penanaman dilakukan di  Mapolda Jateng Kamis (28/11) lalu.

“Penanaman pohon di seluruh mapolres di Jawa Tengah ini, bentuk implementasi MoU yang sudah dilakukan antara Polda Jateng dengan Djarum Foundation. Sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup,” ungkap Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, usai kegiatan penanaman pohon di depan halaman masjid At Taqwa, lingkungan Mapolda Jateng.

Rycko menambahkan, dalam MoU ini ada tiga pekerjaan. Pertama, Djarum Foundation akan memberikan pengetahuan dan peningkatan kapasitas kepada personel Polri tentang lingkungan. Kedua, kepolisian akan belajar bagaimana cara melakukan pembibitan pohon. “Polda Jawa Tengah sudah menyiapkan lahannya di asrama Gedawang. Kita ada tanah sekitar 2 hektare di sana untuk pembibitan pohon. Di bawah mentoring Oasis Djarum Foundation, yang sudah berhasil menjaga lingkungan di seluruh Jawa Tengah dan di Indonesia,” ujar jenderal bintang dua itu.

Ketiga, lanjut Rycko, memelihara dan menanam pohon di seluruh markas dan asrama polisi. “Ini semua kami dedikasikan, Polda dan PT Djarum menjaga keseimbangan lingkungan di bumi ini. Mudah-mudahan memberikan semangat, bisa memberikan contoh kepada masyarakat,” jelasnya.

President Director Djarum Foundation FX Supanji mengungkapkan, kegiatan tanam pohon ini salah satu wujud komitmen Bakti Lingkungan Djarum Foundation melestarikan lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global. “Kami pun menyambut baik kesamaan visi dan misi dari Polda Jateng untuk sama-sama menjaga bumi. Demi terus terjaganya lingkungan hidup demi masa depan. Bekerja sama dengan Polda Jateng, sebanyak 12 ribu pohon ditanam di seluruh lingkungan Polda Jawa Tengah,” terangnya. (mha/zal)