Beranda Semarang Raya Semarang Ribuan Kapal Kecil Belum Berizin, Kok Bisa?

Ribuan Kapal Kecil Belum Berizin, Kok Bisa?

0
Ribuan Kapal Kecil Belum Berizin, Kok Bisa?

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Ribuan kapal kecil, di bawah 10 GT di Jawa Tengah, melaut tanpa mengantongi izin. Dari 18.000 kapal, baru 25 persen yang mendapatkan izin dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro mengatakan bahwa 75 persen sisanya masih terus didorong untuk melakukan proses perizinan. Dikatakan, kapal-kapal ini adalah limpahan dari kabupaten/kota di Jawa Tengah yang kewenangannya diberikan kepada pemerintah provinsi.

”Memang baru 25 persen yang sudah kami berikan perizinan untuk melaut. Bukti Pencatatan Kapal Perikanan istilahnya. Kalau yang ukuran 10-30 GT semuanya sudah ada izinnya. Jumlahnya ada 2600 kapal, yang 80 persen di Pantura. Kami ada databasenya. Kalau tidak punya izin, mereka tidak dapat melaut,” imbuhnya.

Kepada 75 persen yang belum berizin ini, pihaknya terus melakukan aksi jemput bola dengan membentuk gerai-gerai. Hal ini untuk mempermudah proses perizinan. Sekalipun gratis, dikatakan, nelayan masih cukup sulit untuk mendaftarkan kapal mereka. ”Padahal sudah kami beritahu, tapi mereka ogah-ogahan,” ujarnya.

Kepada kapal-kapal kecil yang tidak berizin ini, sanksi yang diberikan baru berupa pembinaan. ”Karena ini baru, sehingga baru berupa pembinaan,” ujarnya.

Selain perizinan, pihaknya juga mendorong agar nelayan memperhatikan asuransi. Sebab, asuransi akan memberikan jaminan mengingat risiko di laut sangat besar. Asuransi ini merupakan upaya pemerintah agar nelayan terjamin ketika bekerja.

”Kalau awalnya asuransi nelayan dari pusat dan dari kami. Setelah itu, kami minta mereka mandiri. Tidak banyak kok hanya Rp 16.800 per bulan. Mereka akan mendapat jaminan di laut,” ujarnya. (sga/ida)